Mengepel lantai jadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang harus rutin dilakukan. Pasalnya kalau cuma disapu, permukaan lantai rumah biasanya masih kotor. Apalagi lantai di bagian dapur yang sering terciprat minyak goreng.

Kalau tidak langsung dibersihkan, permukaan lantai jadi licin saat diinjak. Hal tersebut berisiko membuat siapa saja terpeleset. Sangat membahayakan, kan?

Untuk membersihkannya, kamu bisa meniru cara mengepel lantai yang ditunjukkan oleh pengguna TikTok @mopqueen.id. Di unggahan videonya, warganet ini meracik larutan pembersih khusus sebelum mengepel lantainya yang berminyak.

TikTok/@mopqueen.id

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok mopqueen.id pada Senin (15/7), di awal unggahan video, ia tampak sedang menggoreng beberapa potongan ikan. Sudah jadi rahasia umum, saat menggoreng ikan, minyaknya bisa muncrat ke luar wajan hingga mengenai lantai.

TikTok/@mopqueen.id

Mengetahui hal itu, ia langsung menuang air panas ke ember. Lalu ia tuang sabun cuci piring secukupnya.

TikTok/@mopqueen.id

Nggak berhenti sampai di situ, ia juga menambahkan garam sebagai campuran pembersihnya. Jadi, dua bahan dapur yang dipakai sebagai larutan pembersih lantai adalah sabun cuci piring dan garam. Kamu pasti punya kedua bahan dapur ini di rumah, kan?

TikTok/@mopqueen.id

Aduk-aduk larutan pembersih lalu celupkan kain pel ke dalamnya. Setelah basah, peras sampai kandungan air di kain pel berkurang. Kalau sudah, baru usapkan kain pel ke lantai.

TikTok/@mopqueen.id

Karena campuran air panas dan dua bahan dapur tersebut, noda minyak di lantai langsung terangkat sempurna. Cuma sekali usap, permukaan lantai langsung kesat kembali. Bahkan tampilannya jadi kinclong maksimal.

Agar hasilnya maksimal, setelah dipel pastikan lantai jangan diinjak terlebih dahulu. Tujuannya agar permukaan lantai tidak dipenuhi noda bekas kaki. Setelah kering, lantai baru bisa diinjak seperti biasa.