Kain pel yang digunakan rutin biasanya cepat mengalami perubahan warna, dari putih jadi kecokelatan. Kalau dibiarkan, noda yang menempel pada kain pel akan semakin banyak dan membandel, lho. Makanya, kamu harus rutin membersihkannya secara berkala, minimal 1 minggu sekali.

Umumnya, banyak orang mencuci kain pel dengan cara disikat. Padahal, cara tersebut belum tentu ampuh mengembalikan kain pel jadi bersih lagi. Dengan cara tersebut yang ada tenagamu terbuang hanya untuk menyikat. Nah, pemilik akun TikTok @chi.nasya21 punya satu trik praktis untuk bersihkan kain pel, nih.

Wanita ini menjelaskan, kamu nggak perlu repot-repot menyikat kain pel. Pasalnya, ada tiga bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk merontokkan noda di kain pel.

 

© TikTok/@chi.nasya21

Jadi, tiga bahan dapur yang dimaksud yakni garam, baking soda, dan sabun cuci piring. Langsung letakkan kain pel di dalam baskom atau ember, lalu campurkan dengan ketiga bahan tersebut. Selanjutnya, siram dengan air panas.

© TikTok/@chi.nasya21

Aduk-aduk kain pel sebentar, setelah itu diamkan selama kurang lebih 1 jam supaya semua nodanya rontok. Pemilik akun TikTok @chi.nasya21 mengatakan, sebaiknya lakukan trik ini setiap 1 minggu sekali untuk menjaga kain pel selalu bersih.

"Kalau dilakukan tiap hari, nanti kain pelnya gampang rontok," tegas pemilik akun TikTok @chi.nasya21, dikutip BrilioFood pada Kamis (22/8).

© TikTok/@chi.nasya21

Usai direndam selama 1 jam, nantinya air rendaman kain pel akan berubah jadi lebih keruh. Itu artinya, semua noda pada kain pel berhasil luntur karena bantuan sabun cuci piring, garam, dan baking soda.

Nah, terakhir, kain pel bisa dibilas dengan air mengalir sampai tak ada lagi sisa sabun, garam, ataupun baking soda yang menempel. Kemudian, peras dan keringkan kain pel sebelum disimpan.