Ada banyak olahan makaroni yang bisa dibuat di rumah, contohnya maklor (makaroni telur), sup makaroni, aneka tumisan dari makaroni, dan masih banyak lagi. Nah, sebelum dimasak jadi hidangan favorit, makaroni biasanya direbus dulu sampai mengembang dan empuk.

Namun, banyak orang justru kesal saat merebus makaroni. Pasalnya, serat-serat tepungnya luntur dan membuat air rebusan jadi mengental. Bahkan, air rebusan yang mengental tersebut membuat makaroni jadi lengket satu sama lain, lho.

Nah, biar hasil rebusan makaroni bagus, ada cara dari pengguna akun YouTube Mas hans, nih. Ia menjelaskan, cara merebus makaroni ini bikin hasilnya mengembang, matang sempurna, tak lengket, dan tak cepat basi.

 

© YouTubee/Mas hans

Semula, siapkan wajan berisi air secukupnya untuk merebus makaroni. Panaskan di atas api kompor sedang. Saat airnya sudah mendidih, langsung masukkan makaroni kering ke dalam air rebusannya.

© YouTubee/Mas hans

Rebus makaroni sambil diaduk sesekali sampai mengembang. Pemilik akun YouTube Mas hans menjelaskan, proses merebus ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit agar bisa matang sempurna.

© YouTubee/Mas hans

Usai direbus 10 menit, matikan api kompornya. Lalu, tiriskan makaroni dan pindahkan ke dalam wadah berisi air bersih. Ya, makaroni ini harus dibilas setelah direbus untuk menghilangkan sisa-sisa air bekas rebusan. Air bekas rebusan harus diluruhkan dari makaroni supaya tak lengket dan tidak cepat basi basi.

"Coba lihat ini bekasnya (air rebusan) jadi kayak bubur," cetus pemilik akun YouTube Mas hans, dikutip BrilioFood pada Sabtu (24/8).

© YouTubee/Mas hans

Setelah dibilas, baru angkat dan tiriskan makaroni ke dalam wadah lain. Makaroni siap diolah jadi hidangan apapun sesuai selera.