Di pasaran, teflon dijual dengan berbagai jenis bahan dan ukuran. Ada teflon berbahan granit, antilengket, sampai stainless steel. Pada dasarnya, semua jenis teflon yang dipakai berisiko bikin masakan lengket. Apalagi kalau hidangannya minim air dan minyak seperti tumisan.

Noda tersebut bisa mengerak kalau tidak langsung dibersihkan. Jika sudah jadi gerak, membersihkannya pun jadi PR tersendiri. Pasalnya, cara membersihkan teflon tidak bisa asal digosok begitu saja, karena lapisan antilengketnya bisa rusak.

foto: Instagram/@homecheff_renu

Agar tidak rusak, kamu bisa meniru cara membersihkan teflon yang ditunjukkan oleh pengguna Instagram @homecheff_renu. Di unggahan videonya, ia menunjukkan penampakan teflonnya yang dipenuhi kerak berwarna hitam pekat.

 

 

© Instagram/@homecheff_renu

Mengetahui hal itu, ia langsung menaruh teflon di atas api kompor, kemudian menaburkan garam ke seluruh permukaan teflon. Setelah 3 menit dipanaskan di atas kompor, kerok kerak gosong di teflon.

© Instagram/@homecheff_renu

Berkat penggunaan garam, tampak kerak gosong pun jadi mudah terangkat. Bahkan warna garam pun berubah dari putih bersih jadi kecokelatan. Kalau dirasa sudah cukup bersih, sisihkan garam dan kerak gosong di atas teflon.

© Instagram/@homecheff_renu

Agar bersih sempurna, warganet ini tampak mengulangi proses yang sama. Sambil terus dipanasi, taruh garam di atas teflon. Setelah didiamkan selama 3 menit, kerok kembali teflon pakai spatula. Kalau sudah, sisihkan garam dan kerak gosong yang terangkat.

© Instagram/@homecheff_renu

Selanjutnya, cuci teflon pakai sabun cuci piring seperti biasa. Jangan lupa dibilas air bersih beberapa kali untuk memastikan tidak ada kerak gosong atau garam yang tersisa di teflon. Dalam waktu sekitar 10 menit, kamu bisa mendapatkan teflon yang kembali bersih dan kinclong seperti baru lagi.