Karet tutup botol yang berjamur dan menghitam adalah masalah umum yang sering dihadapi dalam penyimpanan botol. Hal ini terjadi ketika botol sering terkena kelembapan atau jarang digunakan. Jamur yang tumbuh pada karet tutup botol tidak hanya membuatnya terlihat kotor, namun juga bisa jadi sumber kontaminasi yang berbahaya bagi minuman yang disimpan di dalam botol.

Padahal jamur pada karet tutup botol dapat berdampak buruk pada kesehatan, terutama jika dibiarkan berkembang biak. Selain mengganggu estetika, jamur ini bisa menghasilkan spora yang dapat mencemari udara di sekitar dan berpotensi menyebabkan alergi atau masalah pernapasan. Bahkan jika botol tersebut berisi minuman, jamur pada tutupnya dapat mempengaruhi kualitas dan rasanya.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk rutin membersihkan dan mengeringkan tutup botol, serta menyimpannya di tempat yang kering dan terhindar dari kelembapan. Namun jika karet tutup botol telanjur berjamur dan hitam, kamu harus mencucinya hingga benar-benar bersih tuntas. Beruntungnya, seorang pengguna Instagram @zelinenaila pernah membagikan trik cuci karet tutup botol berjamur dan hitam yang ampuh bikin steril.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @zelinenaila pada Kamis (22/8), pengguna Instagram tersebut mengaku hanya menggunakan satu bahan dapur, yakni soda kue atau baking soda. Nah, baking soda ini bisa dengan ampuh menghilangkan jamur sekaligus bakteri yang menempel di karet tutup botol.

 

© Instagram

Caranya, cukup siapkan baskom. Lalu lepaskan karet dari tutup botolnya agar lebih mudah dilepas. Setelah itu, tuang air panas ke dalam baskom atau mangkuk dan tambahkan soda kue secukupnya.

© Instagram/@zelinenaila

Jika sudah, masukkan karet tutup botol ke dalam baskom berisi air panas dan baking soda tersebut. Rendam karet selama beberapa menit sampai suhu airnya mulai dingin. Barulah kemudian, angkat dan gosok karet hingga noda jamur hitamnya terangkat. Kamu bisa menggunakan sikat atau menggosoknya dengan lap.

© Instagram/@zelinenaila

Saat noda jamur di karet sudah hilang, langsung cuci bersih menggunakan sikat dan sabun cuci piring. Dengan begitu, karet tutup botol akan lebih bersih dan steril. Kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu sebelum dipasang kembali di tutup botol. Hal ini akan meminimalisir munculnya jamur lagi di karet tutup botol.

Unggahan tentang trik karet tutup botol berjamur ini telah ditonton lebih dari 20 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar pengguna Instagram ini mengaku takjub dengan hasil karet tutup botol yang kinclong.

"Auto bersih nya Ceu..mantul," ujar Instagram @siti.nuryanti.

"Tq tips nya kepake bgt buat bersiin karet2 di botol minum Bocil2," papar Instagram @thehartanto.dail.

"Makasih tipsnya mba kebetulan banget nih aku juga punya karet blender yg hitam kaya gtu. Perlu aku coba nih," kata Instagram @noermujahidah.