Tingginya intensitas penggunaan kloset membuat area ini mudah sekali kotor. Bahkan kotoran yang menempel di kloset bisa dengan cepat berubah jadi kerak membandel. Kerak ini tentu bisa jadi sarang bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Oleh sebab itu, kloset harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang masih mengabaikan hal tersebut. Alhasil, kerak yang terlalu lama dibiarkan semakin menebal dan benar-benar sulit dibersihkan. Jika sudah seperti itu, butuh trik khusus untuk menghempaskan kerak membandelnya.

Memang ada sejumlah bahan-bahan khusus yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak membandel di kloset, salah satunya sitrun. Biasanya sebagian orang akan melarutkan sitrun ke dalam air panas untuk kemudian disiramkan ke kloset. Kandungan asam yang tinggi pada sitrun dinilai bisa membuat keraknya luntur.

Namun selain dengan cara tersebut, ada metode lain yang bisa diterapkan untuk membersihkan kloset. Metode ini pernah dipraktikkan oleh pengguna Instagram @ratnatjahyo. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua bahan dapur.

 

© Instagram/@ratnatjahyo

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ratnatjahyo pada Sabtu (24/8), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan minuman bersoda. Selain kedua bahan ini, dia juga menambahkan detergen bubuk sebagai campuran pembersih kloset.

Cara pakainya, tuang minuman bersoda ke dalam botol spray. Lalu tambahkan 1 sdm detergen bubuk dan 1 sdm baking soda. Setelah itu, tutup botol dan kocok-kocok perlahan hingga semua bahan tercampur merata.

© Instagram/@ratnatjahyo

Selanjutnya, semprotkan cairan ini ke seluruh permukaan kloset yang kotor dan diamkan selama 1-2 jam. Barulah kemudian gosok-gosok kloset menggunakan sikat. Saat disikat, keraknya akan mudah luntur karena sudah lunak. Dengan begitu, kloset yang sudah dibilas akan tampak lebih kinclong.

Campuran minuman bersoda, baking soda, dan deterjen bisa efektif dalam menghilangkan kerak di kloset karena kombinasi dari bahan-bahan ini memiliki sifat yang dapat melarutkan dan mengangkat endapan mineral yang membentuk kerak. minuman soda mengandung asam fosfat, yang merupakan senyawa asam lemah namun cukup efektif dalam melarutkan mineral seperti kalsium dan magnesium yang membentuk kerak.

© Instagram/@ratnatjahyo

Di sisi lain, baking soda atau natrium bikarbonat adalah bahan abrasif ringan yang dapat membantu mengikis kerak tanpa merusak permukaan kloset. Selain itu, baking soda memiliki sifat basa yang dapat menetralkan asam dari minuman soda, sehingga menciptakan reaksi kimia yang dapat membantu melonggarkan dan mengangkat kerak.

Sementara itu, deterjen berfungsi sebagai agen pembersih yang membantu melarutkan lemak dan kotoran organik. Ketika dicampur dengan minuman soda dan baking soda, deterjen dapat membantu mengemulsi dan menghilangkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel, sekaligus memberikan efek pembersihan yang lebih maksimal.