Peralatan dapur penuh lemak adalah masalah umum yang sering dihadapi banyak orang setelah memasak. Minyak dan lemak yang digunakan dalam proses memasak cenderung menempel pada peralatan dapur, mulai dari wajan, spatula, hingga alat pengaduk. Lemak yang tersisa ini tidak hanya membuat peralatan terlihat kotor, tetapi juga dapat menyebabkan bau tak sedap dan mengurangi umur peralatan dapur tersebut.

Kesulitan dalam membersihkan peralatan dapur berlemak semakin diperparah ketika berhadapan dengan alat dapur yang berbahan plastik. Plastik cenderung lebih sulit dibersihkan karena memiliki permukaan yang lebih berpori dibandingkan dengan bahan lain seperti stainless steel atau kaca. Lemak dan minyak dapat meresap ke dalam pori-pori plastik, membuatnya lebih sulit untuk dihilangkan.

Kesulitan membersihkan alat dapur berbahan plastik ini pernah dialami oleh pengguna Instagram @renii.asih. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hendak mencuci mangkuk berbahan plastik. Namun karena banyaknya lemak yang menempel, menyikatnya langsung dengan sabun cuci piring saja tidak cukup melunturkan nodanya.

Oleh sebab itu, pengguna Instagram @renii.asih menggunakan trik khusus saat hendak mencuci mangkuk plastik berlemak ini. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @renii.asih pada Rabu (11/9), dia memilih untuk merendam mangkuk tersebut terlebih dahulu. Namun perendaman ini dilakukan dengan air hangat agar lemaknya mudah luntur dan bebas bau apek.

 

 

Instagram/@renii.asih

Lebih jelasnya, bilas mangkuk plastik terlebih dahulu. Jika ada sisa makanan, pastikan kamu membuangnya di tempat sampah, ya. Setelah itu, tuang air hangat ke dalam mangkuk yang penuh lemak dan tambahkan sabun cuci piring.

Instagram/@renii.asih

Selanjutnya, aduk rata sampai sabunnya larut. Barulah kemudian diamkan sampai airnya dingin. Setelah direndam, buang airnya dan cuci mangkuk seperti biasa dengan sabun cuci piring serta spons. Nah, mangkuk plastik yang dicuci dengan cara ini cenderung bersih maksimal, lho. Tak hanya kesat, mangkuk juga jadi nggak bau apek karena tidak ada sisa lemak yang menempel.

"Cara ini terlihat simpel dan efektif banget buat usir lemak-lemak jahat di wadah plastik," sahut Instagram @renii.asih.

Instagram/@renii.asih

Ditonton lebih dari 2.000 kali, video tentang trik bersihkan mangkuk plastik ini sontak menuai perhatian warganet. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.