Telur menjadi salah satu bahan makanan yang kerap diolah jadi berbagai macam masakan. Tak hanya serbaguna, telur juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang penting bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari verywellfit.com, telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Selain itu, kandungan lemak sehat pada kuning telur juga berperan menjaga kesehatan jantung.

Tingginya nutrisi pada telur membuat bahan makanan satu ini kerap disimpan dalam jumlah banyak sebagai stok. Memang telur selalu cocok dipilih sebagai menu sehat yang praktis dibuat. Kamu bahkan bisa langsung menggoreng atau merebusnya saja dengan sedikit garam untuk kemudian mengonsumsinya.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sering menyediakan stok telur di dapur, pastikan kamu tahu cara menyimpannya, ya. Pasalnya, telur yang disimpan bisa berpotensi terkontaminasi. Hal ini berasal dari paparan air dan udara di permukaan cangkang telur.

Saat hendak menyimpan telur, banyak orang masih sering mencucinya terlebih dahulu dengan air. Padahal cara ini bisa meningkatkan adanya kontaminasi bakteri yang bikin telur cepat busuk. Di sisi lain, ada juga yang hanya mengelap cangkang telur dengan tisu saat hendak disimpan.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada metode lain yang lebih aman saat hendak membersihkan telur dari kotoran. Trik membersihkan telur ini dibagikan oleh pengguna Instagram @ammaizza1. Melalui salah satu video unggahannya, dia mengaku cara ini lebih aman dibandingkan jika mencuci telur dengan cara langsung dibilas dan digosok.

 

© Instagram/@ammaizza1

"Cara mencuci telur memang tidak dianjurkan, terlebih jika dilakukan secara berlebihan, misalnya dengan menggosok. Ini karena mencuci telur secara berlebihan atau dengan menggosoknya dapat menghilangkan selaput pelindung (kutikula) yang terdapat pada permukaan cangkang telur," jelas Instagram @ammaizza1 dilansir BrilioFood pada Sabtu (20/7).

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang kerap risih karena mendapati telur yang kotor. Oleh sebab itu, pengguna Instagram @ammaizza1 menggunakan cara aman yakni dengan mengelap cangkang telur menggunakan kain. Hal ini dinilai bisa mengangkat kotoran dan noda di permukaan cangkang telur.

© Instagram/@ammaizza1

Caranya, cukup siapkan mangkuk dan isi dengan air hangat secukupnya. Jika sudah, celupkan sedikit ujung lap kain bersih. Lalu peras sampai airnya benar-benar habis. Selanjutnya, gunakan ujung kain tersebut untuk mengelap seluruh cangkang telur yang kotor.

© Instagram/@ammaizza1

Setelah dilap, jangan langsung simpan telur, ya. Pindahkan ke dalam mangkuk atau wadah terbuka terlebih dahulu. Lalu diamkan dulu sampai cangkangnya benar-benar kering. Barulah kemudian letakkan di tempat penyimpanan telur, seperti kulkas atau box khusus. Dijamin telur akan tetap higienis dan tentu saja bersih dari kotoran.

Gimana? Tertarik mencobanya? Jika masih bingung menyimpan telur, kamu bisa mencoba cara dalam video yang telah ditonton lebih dari 4.000 kali tersebut. Dijamin telur jadi lebih aman dan higienis karena minim kontaminasi.