Ikan selalu bisa diandalkan untuk bahan makanan berbagai macam masakan. Baik ikan air tawar atau ikan air laut memiliki rasa khas yang nikmat. Tak hanya itu enak, ikan juga jadi bahan makanan yang menyehatkan dengan kandungan gizi yang kaya, seperti protein, omega-3, dan berbagai vitamin serta mineral.

Namun untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, ikan perlu diolah dengan baik. Pasalnya, beberapa jenis ikan memiliki bau amis yang cukup menyengat. Oleh sebab itu, butuh sejumlah bahan untuk membuatnya jadi lebih segar dan lebih mudah dimasak.

Salah satu metode mengolah ikan adalah dengan memarinasinya terlebih dahulu menggunakan jeruk nipis. Melumuri ikan dengan jeruk nipis dinilai dapat membuat bau amisnya hilang. Namun tahu nggak sih? Sebenarnya jeruk nipis juga bisa membuat daging ikan lengket dan hancur saat digoreng.

Hal tersebut pernah dipaparkan oleh Jenny Hendrawati, jebolan MasterChef musim ke-8. Chef satu ini mengaku bahwa jeruk nipis bisa merusak tekstur ikan karena jadi terlalu lembek. Saat hal itu terjadi, ikan akan mudah menempel di wajan. Alhasil, dagingnya hancur dan nggak utuh lagi.

Nanti lengket ke wajan, terus daging ikannya jadi ancur bubuk krn sifat lemon asam melunakkan.. kalau lemon di bumbunya gpp misal di sambal atau pesmon + lemon tapi jangan dibikin marinasi pas ikan mentah," terang Jenny dikutip BrilioFood dari Instagram @jenny.mci8 pada Jumat (23/8).

 

© Instagram/@jenny.mci8

Sebagai gantinya, Jenny menggunakan bahan lain, yakni jahe. Caranya, siapkan satu ruang jahe dan cuci bersih. Tanpa dikupas kulitnya, langsung masukkan ke mesin blender bersama dengan sedikit air. Lalu blender jahe sampai benar-benar halus.

© Instagram/@jenny.mci8

Selanjutnya, tuang jahe ini ke permukaan ikan yang hendak dimarinasi. Lumuri ikan dengan jahe sampai terbalut merata, diamkan beberapa saat. Barulah kemudian, angkat dan langsung bumbui ikan dengan rempah, seperti ketumbar, garam, dan kunyit bubuk.

© Instagram/@jenny.mci8

Jika suka, kamu bisa melumuri ikan dengan tepung kentang agar lebih renyah saat digoreng. Barulah kemudian, goreng ikan di minyak panas. Dengan begitu, proses penggorengan akan lebih mudah karena ikan nggak lengket dan tetap utuh dagingnya.

Unggahan tentang trik marinasi ikan ini telah ditonton lebih dari 376 ribu kali sejak diunggah pada Senin (19/8) lalu. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar mengaku penggunaan jahe memang lebih efektif untuk memarinasi ikan.

"Nah ini.. aku pernh komen, kl pake jeniper kog lunak ikannya. Trus dibales, lbh gmpng makannya kl lunak mba.. bukan gtu, maksd aku ikannya jd benyeek.. sblm dgoreng udah benyek dluan," sahut Instagram @fiasajaa.

"Klo aq biasanya dibanyakin ketumbar pas marinasi, sama tambah baput dan garam. Diajarin almh mama kayak begitu," kata Instagram @adeindah215.

"Makasih info nya kak . pants z setiap goreng ikan Pasti hancur," komentar akun Instagram @im_liza2920.