Saat berkegiatan di dapur, tak jarang baju yang tengah digunakan jadi terpapar noda. Misalnya, saat menggoreng, minyak panas bisa meletup dan mengenai baju. Noda minyak ini dikenal sulit dibasmi jika hanya dicuci pakai air dan detergen saja, lho.

Makanya banyak orang memilih merendam baju yang terkena noda minyak dengan air panas. Air panas dipercaya ampuh meluruhkan noda minyak yang membandel pada baju. Tetapi, pemilik akun TikTok @listacuan punya cara berbeda, nih. Alih-alih pakai air panas, ada dua bahan dapur yang tak kalah ampuh mengusir noda minyak di baju.

"Bye-bye noda minyak! Kemarin baju kecipratan minyak, gara2 goreng pempek yang tiba2 meletus," tulisnya di keterangan unggahan TikTok @listacuan, dikutip BrilioFood pada Jumat (16/8).

 

 

© TikTok/@listacuan

Nah, bahan dapur pertama yang harus kamu siapkan yaitu sabun cuci piring. Teteskan sabun cuci piring secukupnya pada noda minyak di baju. Jangan lupa, proses ini dilakukan saat baju masih kering, ya.

© TikTok/@listacuan

Selanjutnya, siapkan bahan dapur kedua, yaitu baking soda. Taburi bagian baju yang sudah diberi sabun cuci piring dengan baking soda secukupnya. Lalu, gosok menggunakan sikat gigi supaya sabun cuci piring dan baking soda merata.

Pemilik akun TikTok @listacuan menjelaskan, baking soda ini akan mempercepat proses penyerapan noda minyak agar tak lagi menempel di baju.

© TikTok/@listacuan

Usai diberi sabun cuci piring dan baking soda, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, baju tersebut bisa dicuci seperti biasa, baik dikucek ataupun dicuci dengan mesin cuci. Baju yang sudah dicuci pun terlihat bersih dan bebas dari noda minyak.

© TikTok/@listacuan

Pemilik akun TikTok @listacuan juga memberikan alternatif bahan lain yang bisa kamu manfaatkan jika tak ingin menggunakan sabun cuci piring atau baking soda. Di antaranya kamu bisa gunakan minyak kayu putih, dry shampoo, atau bedak bayi.