Kolang-kaling adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer. Biasanya buah lontar ini digunakan sebagai bahan campuran dalam minuman segar dan kolak. Teksturnya kenyal dan rasanya khas membuat kolang-kaling disukai banyak orang.

Namun, mengolah kolang-kaling tidaklah mudah, memerlukan perhatian khusus. Salah satu tantangan utama adalah proses pengolahan yang cukup memakan waktu dan tenaga. Mulai dari mengupas kulitnya yang keras, membersihkan lendir, hingga merebusnya untuk mendapatkan tekstur yang kenyal dan lembut.

Selain itu, bau kolang-kaling yang asam juga membuat bahan makanan satu ini cenderung sulit diolah. Bau asam kolang-kaling biasanya berasal dari perendaman yang sangat lama. Jadi, saat dijual, kolang-kaling biasanya akan direndam dalam air agar tetap segar. Namun proses ini membuat bau dan rasa kolang-kaling jadi asam sekaligus permukaannya berlendir.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian besar orang biasanya akan merebus kolang-kaling dengan teknik khusus. Misalnya dengan menambahkan bahan-bahan tertentu, seperti cengkeh, kayu manis, atau daun jeruk. Sejumlah bahan ini dinilai bisa menghilangkan bau dan lendir pada kolang-kaling.

Namun selain direbus, kamu bisa menggunakan teknik lain saat mengolah kolang-kaling. Teknik ini pernah dilakukan oleh pengguna Instagram @rifa_ardiyanti. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak merebus kolang-kaling untuk menghilangkan bau asamnya. Namun pengguna Instagram tersebut justru memilih mengukus kolang-kaling dengan tambahan satu jenis rempah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rifa_ardiyanti pada Rabu (18/9), rempah yang dimaksud adalah daun pandan. Nah, mengukus kolang-kaling dengan daun pandan ini bisa membantu menghilangkan bau dan rasa asam yang menempel pada kolang-kaling. Tak hanya itu, kolang-kaling yang dimasak dengan cara ini juga bisa empuk dengan cepat, lho.

Namun sebelum dikukus, kolang-kaling harus direndam terlebih dahulu dalam air cucian beras. Kamu bisa langsung merendamnya selama beberapa jam untuk menghilangkan lendir yang menempel. Pasalnya, lendir ini juga akan membuat kolang-kaling terasa asam jika tidak dihilangkan.


Instagram/@rifa_ardiyanti

Selanjutnya, bilas kolang-kaling sampai benar-benar bersih. Lalu panaskan air dalam panci kukusan. Jika airnya sudah panas, letakkan daun pandan di alas kukusan. Barulah kemudian masukkan kolang-kaling di atas saringan kukusan. Setelah itu, tambahkan lagi beberapa lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih.

Instagram/@rifa_ardiyanti

Jika sudah, tutup panci kukusan dan kukus kolang-kaling selama 20 menit. Dibandingkan dengan direbus, teknik ini bisa membuat kolang-kaling empuk dengan lebih cepat, lho. Selain itu, uap panas yang keluar dari proses ini akan membuat bau asamnya semakin hilang.

Instagram/@rifa_ardiyanti

Setelah dikukus dan empuk, langsung angkat kolang-kaling. Lalu bilas lagi supaya bau dan rasa asamnya semakin hilang. Barulah kemudian kolang-kaling ini siap diolah. Kamu bisa memasaknya jadi isian kolak atau untuk manisan yang dimasak dengan gula, sirup, dan pewarna makanan.