Ubi cilembu adalah salah satu jenis ubi jalar dari Sumedang, Jawa Barat yang menjadi primadona banyak orang. Keunikan dari ubi ini adalah bisa mengeluarkan madu alami saat dipanggang.

Proses pemanggangannya pun cukup mudah. Umumnya ubi cilembu dipanggang dalam oven hingga matang, maka ubi ini akan mengeluarkan madu alami yang manis dan lembut.

Ternyata, ada trik lain untuk memanggang ubi madu cilembu agar lumer tanpa oven dan bahan tambahan, lho. Trik ini dibagikan oleh akun YouTube DAPUR MAMAH lewat tayangan videonya.

"Resep ubi madu cilembu dipanggang pakai wajan," tulisnya, dikutip BrilioFood dari YouTube DAPUR MAMAH, Kamis (18/7).


YouTube/DAPUR MAMAH

Pertama, siapkan ubi cilembu yang sudah dicuci bersih. Pemilik video juga menegaskan bahwa ubi yang digunakan wajib ubi cilembu, ya. Sebab, hanya ubi jenis ini yang bisa mengeluarkan madu.

"tidak semua ubi dipanggang bisa mengeluarkan madu ya guys, jadi untuk membuat ubi madu harus dengan ubi cilembu," tegasnya.

YouTube/DAPUR MAMAH

Setelah itu, potong kedua bagian ujung ubi cilembu. Lalu siapkan juga wajan ukuran sedang di atas kompor. Wajan tersebut ia beri alas agar tidak terkena api secara langsung. Warganet ini memanggang ubi sebanyak 1 kg, ia tata di wajan.

YouTube/DAPUR MAMAH

Nyalakan kompor dengan api sedang cenderung kecil. Pemilik konten juga tidak menambahkan bahan apa pun ke dalam panggangan ubi. Lalu, tutup ubi cilembu dengan tutup wajan yang sudah dilapisi kain. Tujuannya agar uap atau airnya tidak menetes ke bawah.

"Tutupnya ini dikasih kain supaya uap atau airnya tidak menetes ke bawah," lanjutnya.

YouTube/DAPUR MAMAH

Biarkan ubi cilembu dipanggang dengan api sedang cenderung kecil selama 20 menit. Setelah 20 menit, buka tutup wajan dan cek kematangan ubi cilembu. Jika sudah menghitam atau kulitnya ada yang terkelupas, maka ubi cilembu bisa dibalik agar tidak gosong dan kematangannya merata.

"Sekarang kita cek, apakah kulitnya udah ada yang terkelupas atau warnanya kecokelatan atau kehitaman, kalo iya, kita balik ya," kata akun YouTube DAPUR MAMAH.

YouTube/DAPUR MAMAH

Kemudian tutup kembali ubi cilembu dengan tutup lapisan kain. Lalu, cek lagi 10 menit kemudian. Dari video tersebut, tampak ubi cilembu mulai mengeluarkan madu. Pemilik konten ini juga mengaku konsisten menggunakan api yang cenderung kecil.

"Apinya konsisten sedang cenderung kecil ya," katanya.

YouTube/DAPUR MAMAH

Lalu, tutup kembali dan cek lagi di menit ke 40. Bolak balik ubi cilembu agar kematangannya bisa merata. Terlihat ubi cilembu semakin mengeluarkan madunya. Kemudian tutup kembali.

YouTube/DAPUR MAMAH

10 menit kemudian atau di menit ke 50, cek ubi cilembu yang sedang dipanggang. Di video itu tampak ubi cilembu sudah matang, dengan ciri khas kulit menghitam dan madunya kian tebal. Namun, pemilik video ingin membuat tekstur ubi cilembu menjadi lebih tanak, sehingga ia menutupnya kembali.

"Ini sebenernya udah mateng, tapi aku pengen bikin yang lebih tanak lagi," ucapnya.

YouTube/DAPUR MAMAH

Setelah 10 menit atau menit ke 60, ubi cilembu sudah matang sempurna dan siap untuk diangkat. Matikan kompor, dan angkat ubi cilembu ke wadah lain, tunggu hingga dingin. Sebab, ubi cilembu ternyata lebih lezat jika dinikmati ketika dingin.

"Ubi cilembu enak pas dingin, karena menurutku manisnya akan lebih keluar lagi," lanjutnya.

YouTube/DAPUR MAMAH

Hasilnya, ubi cilembu madu yang dipanggang tanpa oven ini tampak lembut, manis, dan lumer. Tanpa bahan tambahan, ubi cilembu ini juga lengket karena madunya keluar.

"teksturnya bener-bener mateng sampai ke dalam, manis, dan meleleh madunya," lanjutnya.

Ternyata, untuk memanggang ubi cilembu yang nikmat dan manis, nggak harus menggunakan oven dan bahan tambahan, ya. Tertarik mencoba?