Tape dikenal sebagai makanan fermentasi tradisional yang sangat populer di Indonesia. Makanan satu ini terbuat dari singkong atau beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Dengan cita rasa manis, sedikit asam, dan tekstur lembut, tape tidak hanya disukai sebagai camilan, tetapi juga sering dijadikan bahan dasar untuk berbagai olahan kreatif.

Salah satu olahan tape yang cukup terkenal dan digemari adalah gabin tape. Menu satu ini memiliki rasa manis dari tape dan tekstur renyah dari gabin atau biskuit yang digunakan. Kombinasi unik ini menciptakan sensasi rasa yang kaya dan memuaskan di lidah setiap penggemarnya.

Proses pembuatan gabin tape cukup sederhana dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Namun sayangnya, tidak sedikit orang yang gagal membuat gabin tape karena berminyak. Selain itu, gabin tape bisa berbau tengik jika tidak diolah dengan baik.

Lantas untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna TikTok @ellizharyati. Melalui salah satu video yang diunggahnya, pemilik akun mengaku punya teknik khusus saat membuat gabin tape agar hasilnya tak bau tengik. Gabin yang tak bau ini bisa awet dan disimpan sebagai stok camilan hingga 1 bulan, lho.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @ellizharyati pada Rabu (21/8), kuncinya adalah pada penggunaan tepung. Jadi tepung yang dipakai untuk campuran adonan tape harus disangrai terlebih dahulu. Hal ini akan membuat gabin tape tahan lama dan tak mudah tengik.

 

© TikTok/@ellizharyati

Untuk proses pembuatannya lebih lanjut, siapkan 500 gram tape singkong. Lalu kukus selama 10 menit sampai teksturnya lebih empuk. Sembari menunggu, kamu bisa menyangrai 100 gram tepung terigu terlebih dahulu. Cukup sangrai selama 5-10 menit saja agar benar-benar kering.

© TikTok/@ellizharyati

Selanjutnya, campur tape dan tepung tadi dalam satu wadah. Tambahkan juga 2 sdm gula pasir dan 1 bungkus susu kental manis putih. Aduk-aduk sampai tape hancur dan bercampur dengan semua bahan, sehingga jadi adonan yang kalis.

© TikTok/@ellizharyati

Jika sudah, ambil adonan tape secukupnya. Setelah itu, cetak adonan di atas selembar gabin. Lalu tutup dengan gabin lagi di bagian atasnya. Kemudian rapikan adonan yang berada di sisi samping. Lakukan proses ini sampai adonan tape dan gabinnya habis.

Nah, gabin tape yang sudah dicetak ini bisa langsung digoreng. Namun kamu juga bisa menyimpannya terlebih dahulu jika tidak langsung dikonsumsi. Cukup masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas.

© TikTok/@ellizharyati

Jika hendak disantap, goreng gabin tape di wajan berisi minyak banyak dengan api kecil. Setelah kering dan kecokelatan, balik gabin tape. Cukup balik sekali saja supaya gabin tape tidak menyerap banyak minyak. Nah, jika dirasa sudah matang, barulah kemudian angkat dan tiriskan.

Gabin tape yang sudah matang bisa langsung dikonsumsi. Kamu juga dapat menyimpannya dalam toples kedap udara jika hendak dijadikan stok camilan. Dijamin gabin tape nggak bakal busuk atau tengik hingga sebulan lamanya.