Donat merupakan camilan yang digemari banyak orang dan berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tidak akan menolak kudapan satu ini. Selain teksturnya lembut, donat juga memiliki banyak topping. Variasi rasa mulai dari cokelat, keju, atau bahkan rasa baru misalnya matcha, red velvet, tiramisu, avocado, atau kacang.

Sayangnya, di balik rasa donat yang lezat, ada proses pembuatan yang cukup rumit. Banyak orang kerap gagal membuat donat setelah menggorengnya. Pasalnya, menggoreng donat secara asal-asalan bisa membuat bentuknya jadi kempis atau cepat berminyak. Hal ini tentu membuat donat jadi nggak tahan lama jika hendak disimpan.

Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya donat tidak berminyak cepat kempis usai digoreng. Jika bingung, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @yenni_indah31 saat membuat donat. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bahkan penambahan bahan tertentu dan proses penggorengan bisa menentukan tekstur donat.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @yenni_indah31 pada Sabtu (27/7), hal pertama yang harus dilakukan adalah memerhatikan penambahan lemak. Dalam hal ini, lemak bisa berupa minyak goreng atau margarin. Pada umumnya, minyak atau margarin ditambahkan untuk membantu membuat donat menjadi lebih lembut dan empuk.

 

Instagram/@yenni_indah31

Lemak yang terkandung dalam margarin atau minyak goreng melapisi butiran tepung, yang menghambat pembentukan gluten. Hal ini menghasilkan tekstur donat yang lebih lembut dan tidak keras. Selain itu, lemak menambahkan kelembapan pada adonan, menjaga donat agar tidak cepat kering.

Namun jika takaran lemak ini terlalu banyak, donat akan mudah lembek dan kempis saat digoreng nantinya. Idealnya, minyak goreng hanya cukup ditambahkan 2-3 sdm untuk setiap 500 gram tepung. Sedangkan kamu bisa menambahkan 50-75 gram margarin untuk setiap 500 gram tepung. Dengan begitu hasil donat jadi lembut dan tetap mengembang sempurna saat digoreng.

"Ketika penggunaan lemak terlalu banyak akan mencegah pengembangan gluten yang berlebihan dalam adonan sehingga meningkatkan penyerapan minyak saat proses penggorengan," kata Instagram @yenni_indah31.

Instagram/@yenni_indah31

Nah, selain penambahan lemak, proses penggorengan juga perlu diperhatikan. Pastikan kamu menggunakan minyak bersih yang cukup banyak. Selain itu, minyak harus benar-benar dalam kondisi panas.

Untuk mengecek minyak panas, kamu bisa mencelupkan ujung lidi ke dalam minyak. Jika muncul gelembung di sekitar lidi tersebut, maka minyak sudah panas. Barulah kemudian masukkan donat yang sudah diproofing (didiamkan sampai mengembang).

Instagram/@yenni_indah31

Saat menggoreng donat, hindari membolak-baliknya. Cukup diamkan dulu sampai bagian bawahnya matang dan kecokelatan, lalu balik. Hal ini akan meminimalisir minyak yang terserap ke dalam donat. Selain itu, membalik donat sekali juga akan menghasilkan ring di bagian tengah donat yang cantik.