Kacang panjang sering jadi pilihan sayur untuk dimasak di rumah. Sama seperti sayuran lain, kacang panjang juga kaya serat, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi membantu meningkatkan rasa kenyang. Kamu bisa membuatnya jadi hidangan berkuah ataupun tumisan.

Penggemar kacang panjang pastinya tahu kalau bahan makanan satu ini tak bertahan lama saat disimpan sebagai stok di dapur. Pasalnya, kacang panjang bisa cepat layu dan berkerut, lalu pelan-pelan sayur ini jadi berjamur. Namun jika disimpan dengan tepat, kacang panjang bisa bertahan berhari-hari, lho.

Salah satu pengguna akun TikTok @azis_mc, membagikan trik menyimpan kacang panjang agar awet. Dalam unggahannya, trik yang ia terapkan tersebut bisa membuat kacang panjang awet hingga 10 hari. Caranya cukup dengan menambahkan satu alat sederhana.

foto: TikTok/@azis_mc

"Kacang panjang ini paling lama bertahan 2 sampai 3 hari sudah langsung mengkerut kalau tidak di-treatment dengan baik," tuturnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @azis_mc pada Rabu (24/7).

 

© TikTok/@azis_mc

Pisahkan dulu kacang panjang yang masih bagus dan sudah layu, karena keduanya harus disimpan terpisah agar kacang panjang yang masih bagus bisa tahan lama. Cuci kacang panjang sampai bersih, lalu keringkan. Kamu bisa mengeringkannya dengan tisu ataupun digantung di hanger seperti yang dilakukan pengguna akun TikTok @azis_mc.

© TikTok/@azis_mc

Selanjutnya, siapkan kotak atau wadah penyimpanan sayur yang dilengkapi tutup. Kemudian, beri alas kertas di dasar kotak tersebut. Yup, kertas inilah alat utama untuk menyimpan kacang panjang supaya bisa awet. Jika kacang panjang sudah kering, langsung masukkan ke dalamnya.

© TikTok/@azis_mc

Sebelum wadahnya ditutup, tambahkan pula 1 lembar kertas lagi di bagian atas kacang panjang. Kertas ini nantinya berfungsi menyerap cairan atau kelembapan di dalam tempat penyimpanan kacang panjang, sehingga tidak cepat busuk. Setelah itu, simpan kacang panjang di dalam chiller kulkas.

Gimana, kamu tertarik mencoba trik menyimpan kacang panjang agar bisa awet sampai 10 hari seperti ini? Mengintip unggahan TikTok @azis_mc yang sudah ditonton 140 ribu kali, beberapa warganet juga meninggalkan komentar antusias seputar trik ini, lho.