Aktivitas di luar ruangan seringkali membuat tubuh berkeringat. Keringat pada dasarnya tidak berbau, namun ketika bercampur dengan bakteri yang hidup di kulit, khususnya di area ketiak, bau tak sedap mulai terbentuk. Ketika keringat meresap ke dalam serat kain, bakteri juga ikut terbawa dan berkembang biak, sehingga menyebabkan bau yang sulit dihilangkan.

Baju yang memiliki bau tak sedap ini seringkali langsung dicuci dengan sabun. Sayangnya, meskipun pakaian terlihat bersih, bau yang tertinggal di area ketiak kerap sulit dihilangkan, bahkan setelah dicuci. Bau ini biasanya disebabkan oleh kombinasi keringat, bakteri, dan residu deodoran yang menumpuk di serat kain.

Memang pada dasarnya, butuh trik khusus untuk menghilangkan bau tak sedap di ketiak baju. Seorang pengguna Instagram @rumah_shahia pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku tidak mengandalkan detergen untuk mencuci baju, melainkan ada dua bahan dapur yang bisa membantu menghilangkan bau tak sedap di ketiak baju.

 

© Instagram/@rumah_shahia

Dua bahan yang digunakan tersebut adalah cuka dan soda kue. Meski sederhana, namun kombinasi dua bahan tersebut ampun menghilangkan bau di ketiak baju dalam lima menit. Dalam video tersebut, cara menggunakan dua bahan tersebut pun cukup mudah.

© Instagram/@rumah_shahia

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rumah_shahia pada Selasa (13/8), caranya cukup masukkan 1 sdm cuka dan 1 sdm soda kue ke dalam wadah berisi 2 gelas air. Setelah itu, aduk-aduk sampai semua bahan larut dan tercampur merata.

© Instagram/@rumah_shahia

Selanjutnya, langsung tuang sedikit demi sedikit cairan ini ke ketiak baju yang bau. Pastikan cairannya benar-benar merata, ya. Jika sudah, diamkan selama 5 menit atau 10 menit jika dirasa baunya cukup menyengat dan ada noda deodoran membandel.

"Bisa juga dimasukkan ke botol spray, lalu semprotkan," kata Instagram @rumah_shahia.

© Instagram/@rumah_shahia

Setelah didiamkan, langsung bilas dan cuci lagi dengan detergen seperti biasa. Terakhir, jemur baju sampai benar-benar kering. Dengan begitu, baju nggak cuma bersih, namun juga bebas bau tak sedap yang sering menempel di ketiak.

Memang pada dasarnya, cuka dan soda kue adalah dua bahan alami yang sangat efektif dalam menghilangkan bau tak sedap di ketiak baju karena sifat kimia dan pembersihannya yang kuat. Cuka memiliki sifat asam yang membuatnya mampu melawan bakteri penyebab bau. Di sisi lain, soda kue menetralkan asam yang dihasilkan oleh keringat dan bakteri, sehingga menghilangkan bau tak sedap.