Brilio.net - Di momen Idul Adha, kebanyakan orang akan mengonsumsi daging sapi dan kambing atau disebut juga daging kurban beberapa hari kedepan. Setiap orang tentunya punya selera masing-masing dalam mengolah daging kurban, entah itu sate, gulai, tongseng, dan hidangan lezat lainnya.

Mengolah daging sapi atau kambing punya tantangan tersendiri. Bukan cuma soal rasa masakannya, namun dalam proses membuatnya pun ternyata ada hal-hal yang sedikit menjengkelkan. Ya, bau amis daging yang tertinggal di tangan ternyata sulit dihilangkan, meski sudah menggunakan sabun.

Hal inilah yang dialami pengguna akun YouTube Creative TD. Dulu ketika mengolah daging sapi atau kambing, dia sering kewalahan membersihkan tangan dari aroma tak sedap atau amis. Namun sekarang dia sudah tidak khawatir lagi, karena ada trik menghilangkannya. Pria di akun YouTube Creative TD ini mengatakan, dia cuma butuh tiga bahan dapur sederhana buat menyulap tangannya jadi wangi lagi.

"Ramuan ini juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan kotoran, lemak, atau bau amis di perkakas dapur," imbuhnya, dikutip BrilioFood pada Selasa (18/6).

Siapkan dulu sebuah mangkuk kecil untuk meracik bahan-bahannya. Lalu, masukkan kopi hitam bubuk, sabun cuci piring, serta air perasan lemon atau jeruk nipis secukupnya. Yup, itulah tiga bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik usir bau amis bekas daging kurban di tangan.

Kopi bubuk akan bekerja menambahkan aroma wangi pada tangan, sementara air lemon atau jeruk nipis bisa mengusir bau amis. Nah, kalau sabun cuci piring, pastinya bahan dapur ini akan menghilangkan kuman ataupun bakteri penyebab bau pada tangan.

Trik usir bau amis bekas daging kurban di tangan
YouTube/Creative TD

Setelah semua bahan masuk ke dalam mangkuk, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian, oleskan racikan tersebut pada tangan secara merata sambil digosok perlahan. Kemudian bilas dengan air mengalir.

Jika bau amis belum hilang, kamu bisa mengulangi trik yang sama sekali lagi. Terakhir, saat tanganmu tak bau lagi, cuci kembali tangan dengan sabun cuci tangan, sehingga kulit tetap lembut. Selanjutnya, bilas sampai benar-benar bersih.

Trik usir bau amis bekas daging kurban di tangan
YouTube/Creative TD