Brilio.net - Cermin kamar mandi adalah salah satu elemen yang tidak hanya memiliki fungsi penting, tetapi juga menambah estetika ruangan. Sayangnya, kondisi kamar mandi yang selalu lembap dan tingginya intensitas cipratan air membuat cermin mudah kotor. Jika dibiarkan dalam waktu lama, bercak air yang menempel pada cermin bisa mengerak dan membuat cermin jadi kusam sekaligus tidak menarik.

Masalah bercak air pada cermin ini sering kali tidak dapat diatasi hanya dengan dibilas atau dilap. Air di kamar mandi, yang sering kali mengandung mineral seperti kalsium dan magnesium, dapat meninggalkan noda air keras yang sulit dihilangkan. Sekalipun sering dibersihkan, tanpa metode yang tepat, bercak ini akan terus menumpuk dan mengurangi kejernihan serta kilau cermin.

Untuk mengatasi bercak air yang menempel dan mengerak pada cermin kamar mandi, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @casanaf_. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet tersebut mengaku hanya menggunakan dua bahan dapur untuk membuat cermin kembali jernih lagi. Dilansir BrilioFood pada Senin (21/10), bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring dan baking soda.

foto: Instagram/@casanaf_

Cara pakainya, kamu bisa langsung mencampur baking soda dan sabun cuci piring dengan takaran 1:1. Setelah itu, tuang sedikit air dan aduk-aduk sampai teksturnya kental. Jika sudah kental, cairan ini siap diaplikasikan ke cermin yang buram dan kotor.

foto: Instagram/@casanaf_

Gunakan spons cuci piring untuk mengaplikasikan baking soda dan sabun cuci piring tadi. Sembari dioles, gosok sedikit agar bercak airnya terangkat. Jika sudah dioles merata, diamkan sebentar selama 1-2 menit saja. Proses ini akan membuat bercak air jadi lunak dan lebih mudah dibersihkan nantinya.

foto: Instagram/@casanaf_

Jika sudah didiamkan, langsung lap cermin menggunakan kain basah. Lap secara searah saja supaya tidak ada noda yang kembali menempel. Nah, setelah dilap, biarkan cermin mengering dengan sendirinya. Dengan begitu, tampilan cermin di kamar mandi ini jadi kembali bersih dan jernih tanpa ada sisa noda atau pembersih yang tertinggal.

foto: Instagram/@casanaf_

Perlu diketahui bahwa baking soda adalah bahan abrasif lembut yang mampu mengikis dan mengangkat noda serta endapan mineral dari permukaan cermin tanpa menggoresnya. Sementara itu, sabun cuci piring mengandung surfaktan yang membantu melarutkan kotoran dan minyak yang menempel pada cermin. Ketika kedua bahan ini dicampur dan diaplikasikan pada cermin, mereka bekerja bersama untuk melonggarkan dan mengangkat bercak air, sehingga cermin kembali bersih dan berkilau.

Video tentang trik mengatasi bercak air di cermin ini telah ditonton lebih dari 68 ribu kali hingga Senin (21/10). Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut membanjiri kolom komentar dengan berbagai macam tanggapan. Sebagian besar warganet ini bahkan mengaku hendak langsung mempraktikkan trik tersebut.

"wah.. next time saya coba ah... makasih ya kak," sahut Instagram @uuuulllliiii____.

"Nice tips dong, buru2 bersihin kerak di kaca jg," papar Instagram @_rumahantik.

"Langsung clink nice Tips sayg," komentar akun Instagram @inche_irmawijaya.

"Penasaran jadinyaa mau cobain," tulis akun Instagram @bumilami.

"Mau coba ke wastafel," kata Instagram @buminia.