Brilio.net - Daun jeruk adalah bahan dapur yang tak hanya memberikan aroma harum tetapi juga menambah cita rasa khas pada berbagai masakan. Penggunaan daun jeruk dalam kuliner sudah lama dikenal di berbagai masakan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Aromanya yang khas dan rasa segar yang dihasilkannya mampu meningkatkan kompleksitas rasa hidangan, sehingga membuat masakan lebih menggugah selera.

Daun jeruk umumnya digunakan dalam bentuk utuh atau diiris tipis-tipis untuk dimasukkan ke dalam masakan berkuah, tumisan, dan saus. Aroma dan rasa yang dilepaskan daun jeruk ketika dimasak membantu menghilangkan bau amis dari bahan-bahan seperti ikan atau daging, sambil memberikan sentuhan rasa citrus yang menyegarkan. Contoh masakan yang sering menggunakan daun jeruk adalah Tom Yum, rendang, dan berbagai jenis sambal.

Selain sebagai penambah rasa, daun jeruk juga memiliki manfaat kesehatan. Daun ini mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri yang baik untuk tubuh. Dengan mengintegrasikan daun jeruk ke dalam masakan sehari-hari, tidak hanya rasa dan aroma makanan yang meningkat, tetapi juga nilai gizinya. Oleh karena itu, daun jeruk menjadi salah satu bahan dapur yang wajib ada, terutama bagi mereka yang ingin menambah kelezatan dan kesehatan pada hidangan.

Namun jika hendak menggunakan daun jeruk untuk campuran masakan, perhatikan cara pakainya, ya. Ada sebuah trik sederhana yang bisa membuat aroma daun jeruk semakin keluar saat dipakai. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @aaron_laksana. Chef sekaligus konten kreator ini mengaku tidak hanya meremas daun jeruk saat hendak dipakai. Namun ada tahapan lain yang dilakukan supaya daun jeruk semakin sedap.

trik pakai daun jeruk
Instagram/@aaron_laksana

Dilansir BrilioFood dari dari Instagram @aaron_laksana pada Rabu (9/10), hal utama yang dilakukan adalah dengan membuang batang daun jeruk. Jadi, ambil selembar daun jeruk segar yang hendak digunakan. Lalu tekuk tepat di bagian tengahnya.

trik pakai daun jeruk
Instagram/@aaron_laksana

Selanjutnya, tarik batang tengahnya dari bagian ujung. Lalu lepaskan dan buang bagian tersebut. Menurut pengguna Instagram @aaron_laksana, cara ini akan membuat aroma daun jeruk lebih keluar secara maksimal.

"Dengan kayak gini, wangi daun jeruknya bakal lebih keluar dan hasil makanannya pasti lebih wangi," jelasnya lebih lanjut.

trik pakai daun jeruk
Instagram/@aaron_laksana

Nah, daun jeruk yang sudah dibuang batangnya bisa langsung dipakai untuk bumbu masakan. Namun kamu juga bisa meremas-remasnya lagi sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Dengan begitu, aroma sedap dari daun jeruk ini benar-benar lebih maksimal.

Sejak diunggah pada Selasa (8/10) lalu, video tentang trik pakai daun jeruk ini telah ditonton lebih dari 13 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan langsung melalui kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku kerap melakukan trik yang sama saat hendak menggunakan daun jeruk untuk campuran masakan.

"Yeess..itu yg selalu aku lakukan kl masak pk daun jeruk," papar Instagram @s.l.tari.

"Terima kasih yah informasinya," sahut Instagram @christinpenuhkasih.

"bener bnget..aku gitu..ato aku bejek2," tulis akun Instagram @ita_mahira.

"Baru tau aku.. Tq infonya," komentar akun Instagram @lismi_1221.

"Tk infonya ya naaak .. oma br th lho," kata Instagram @cicisoekasno.