Brilio.net - Kacang hijau biasanya diandalkan sebagai bahan dasar berbagai macam masakan. Namun umumnya, masakan yang dibuat menggunakan kacang hijau memiliki cita rasa manis seperti bubur atau jajanan pasar. Padahal sebenarnya, kacang hijau juga bisa diolah jadi masakan gurih seperti sup.

Meski terdengar asing, namun sup kacang hijau ini jadi hidangan yang disajikan keluarga Kaluna di film Home Sweet Loan. Sejak tayang perdana pada 26 September lalu, film satu ini telah menjadi perbincangan publik di media sosial. Banyak yang bahkan penasaran dengan salah satu hidangan dalam film tersebut, yakni sup kacang hijau.

Seperti sup pada umumnya, makanan ini sebenarnya tersebut dari kuah kaldu dan campuran sayuran. Namun ada juga protein yang ditambahkan seperti daging, ayam, atau sosis. Siapa sangka, resep ini juga dibagikan dengan lebih rinci oleh akun Instagram @homesweetloanfilm.

foto: Instagram/@homesweetloanfilm

Dilansir BrilioFood dari Instagram @homesweetloanfilm pada Senin (14/10), ada beberapa bahan utama yang perlu disiapkan jika ingin membuat sup kacang hijau ini. Ada kacang hijau dan daging atau protein lain. Nah, kacang hijau ini bisa direndam dan direbus terlebih dahulu sampai teksturnya empuk.

Bahan lainnya, siapkan juga wortel iris, daun bawang iris, dan seledri yang sudah diiris kasar. Jangan lupa siapkan juga bumbu dasar seperti 5 siung bawang merah, 1 buah bawang bombay ukuran sedang, dan 2-3 siung bawang putih. Untuk bawang merah dan bawang putih ini bisa dihaluskan terlebih dahulu agar lebih mudah tercampur dengan bahan makanan lain.

foto: Instagram/@homesweetloanfilm

Nah, untuk menambah rasa, gunakan lada bubuk, 1/2 butir biji pala yang sudah diparut, 3-4 tangkai cengkeh, 1-2 ruas jari jahe geprek, garam, dan margarin. Jika tidak ada margarin, kamu dapat menggantinya dengan minyak goreng yang akan dipakai untuk menumis bumbu.

Lanjut untuk proses pembuatannya, siapkan dan masak air hingga mendidih. Air ini akan dipakai untuk kuah sup, ya. Lalu masukkan kacang hijau yang sebelumnya sudah direbus tadi. Barulah kemudian masukkan daging (yang sebelumnya sudah dimasak terpisah sampai empuk).

foto: Instagram/@homesweetloanfilm

Jika sudah, iris-iris bawang bombay. Lalu haluskan juga bawang merah dan bawang putih tadi. Kemudian tumis bumbu halus dan bawang bombay menggunakan margarin atau minyak goreng. Tumis hingga bawangnya harum dan mulai layu.

Setelah itu, masukkan tumisan bawang ke dalam panci berisi air rebusan kuah sup kacang hijau tadi. Tambahkan juga bahan lain seperti pala, lada, jahe, cengkeh, daun bawang, seledri, dan garam. Aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur rata.

Jika sudah, tambahkan irisan wortel. Bahan ini sangat penting karena bisa memberikan rasa manis dan tekstur sup jadi lebih kaya. Nah, aduk semua bahan dan biarkan sampai airnya mendidih atau semua bahan matang sempurna.

Sup kacang hijau yang sudah matang ini bisa langsung dipindahkan ke mangkuk saji. Cocok buat disantap dengan nasi putih hangat agar lebih enak. Menarik banget nih dijadikan sebagai referensi menu lauk sekaligus sayur untuk keluarga di rumah.