Brilio.net - Mencuci baju putih dengan pemutih seringkali dianggap sebagai solusi ampuh untuk menghilangkan noda dan menjaga kecerahan warna pakaian. Namun, penggunaan pemutih yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah lain, yaitu warna pakaian yang justru luntur. Alih-alih mendapatkan hasil yang diinginkan, baju putih bisa terlihat kusam.

Pada dasarnya, pemutih mengandung bahan kimia kuat yang bertujuan untuk memecah noda dan kotoran pada serat kain. Namun, jika digunakan terlalu sering atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi, bahan kimia ini juga bisa merusak serat kain itu sendiri. Akibatnya, kain bisa menjadi rapuh dan mudah sobek. Selain itu, warna putih pada baju mulai luntur dan tidak cerah lagi.

Di sisi lain, proses pencucian yang tidak tepat, seperti membiarkan pemutih terlalu lama pada kain atau tidak membilasnya dengan cukup bersih, juga bisa berkontribusi pada masalah ini. Untuk menghindari pelunturan warna saat mencuci baju putih, penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan pemutih dengan cermat. Menggunakan pemutih dengan takaran yang sesuai bisa membantu menjaga kualitas kain.

Namun jika baju putih sudah terlanjur luntur, kamu bisa menggunakan beberapa trik untuk mengatasinya seperti yang dilakukan pengguna Instagram @inem.laundry. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua bahan dapur untuk membasmi noda luntur di baju putih.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @inem.laundry pada Selasa (15/10), bahan dapur yang dimaksud adalah micin dan sabun cuci piring. Kedua bahan ini nantinya akan dicampur untuk membantu mengembalikan tampilan baju yang berwarna putih.

"Nah, buat teman-teman semua yang mungkin di sini trauma pernah pakai pemutih, bukannya jadi putih malah jadi kuning yang kayak di video. Ini dia cara treatment baju yang menguning akibat bayclin balik lagi jadi putih lagi," kata Instagram @inem.laundry.

trik basmi noda di baju putih luntur
Instagram/@inem.laundry

Lebih jelasnya, bilas baju terlebih dahulu. Lalu dalam ember, masukkan 3-4 sdm micin dan 2 sdm sabun cuci piring. Setelah itu, tuang air panas mendidih ke dalam ember dan aduk-aduk sampai semua bahan larut.

trik basmi noda di baju putih luntur
Instagram/@inem.laundry

Jika sudah, masukkan baju putih yang kelunturan tadi. Tekan-tekan dan rendam selama kurang lebih 1-2 jam. Atau dikira-kira sampai bajunya kembali putih seperti semula dan airnya dingin.

Setelah direndam, baju akan semakin cerah dan putih lagi. Jika sudah seperti itu, segera angkat dan bilas baju hingga 3 kali. Biasanya setelah tahap ini, baju masih akan terasa licin. Oleh sebab itu, pengguna Instagram @inem.laundry ini menetralkan baju dengan merendamnya dalam larutan asam.

trik basmi noda di baju putih luntur
Instagram/@inem.laundry

Dalam video tersebut, dia merendam baju ke dalam air yang sudah diberi oxalic acid. Namun jika tidak ada, kamu bisa menggantinya dengan sedikit sitrun atau cuka dapur. Hal ini akan membuat baju jadi semakin putih lagi, lho. Dengan begitu, baju tersebut bisa langsung dibilas lagi dan dijemur.

trik basmi noda di baju putih luntur
Instagram/@inem.laundry

Nah, baju yang sudah kering akan tampak lebih cerah. Dibandingkan sebelumnya, tampilan baju tersebut benar-benar putih lagi seperti baru. Hal ini menandakan bahwa micin dan sabun cuci piring sangat ampuh menghilangkan noda luntur di baju putih.