Brilio.net - Terang bulan kerap disebut juga dengan nama martabak manis. Camilan satu ini sering dijadikan menu andalan oleh para penggemar makanan manis, karena terang bulan bisa diisi dengan cokelat, aneka selai, susu kental manis, dan lain sebagainya.

Di pasaran, sudah banyak pedagang terang bulan yang menyajikan makanan satu ini. Tetapi, ada pula sejumlah orang yang memilih membuatnya sendiri di rumah agar lebih hemat dan puas. Pasalnya, modal bahan untuk membuat terang bulan sendiri relatif lebih murah, sehingga bisa dibuat langsung dalam porsi besar untuk dimakan bersama keluarga di rumah.

Hal ini juga dilakukan oleh pengguna akun TikTok @puspaarrm_, baru-baru ini ia membagikan pengalamannya saat membuat terang bulan lewat sebuah video. Awalnya, ia begitu yakin terang bulan buatannya berhasil, tetapi sayangnya penampakan terang bulannya setelah hampir jadi justru bikin meringis, lho.

foto: TikTok/@puspaarrm_

Semula, adonan terang bulan yang tengah ia masak tampak menunjukkan bentuk bulat-bulat atau biasa disebut bersarang. Buat kamu yang sering menyaksikan pedagang terang bulan masak, pasti sudah nggak asing dengan penampakan terang bulan bersarang ini.

"Terbul (terang bulan) ala ala dah seneng banget bersarang guys," tutur pemilik akun TikTok @puspaarrm_, dikutip BrilioFood pada Senin (12/8).

foto: TikTok/@puspaarrm_

Warganet akrab disapa Puspa inipun terus menunggu terang bulannya hingga matang. Lama-kelamaan, bentuk sarang pada terang bulannya muncul semakin banyak. Pinggiran terang bulannya juga kelihatan semakin matang.

foto: TikTok/@puspaarrm_

Namun, tanpa bisa diprediksi, saat Puspa mencoba mengangkat pinggiran terang bulan untuk melihat bagian bawahnya, ternyata kondisinya sudah gosong kehitaman. Hal ini pastinya bikin Puspa tak bisa berkata-kata lagi.

Menilik kolom komentar di video TikTok @puspaarrm_, tak sedikit warganet melemparkan komentar lucu soal olahan terang bulan yang gosong ini.

"terang bulan kak bukan gerhana bulan," cetus TikTok @nine_.

"terang bulan gelap bulan," sebut TikTok @nbila.

"Varian baru terang bulan black forest," imbuh TikTok @bool_ayam.

Di sisi lain, tak sedikit pula warganet yang penasaran seputar penyebab gosongnya terang bulan tersebut. Ada yang memprediksi kalau terang bulan tersebut dimasak dengan api terlalu besar, dipanggang dengan teflon yang salah, dan lain sebagainya.

"permasalahan dh jelas bet 1. api kegedean 2. gk ditutup," tulis TikTok @prazaAJA.

"kaya nya beda teplon nya ga sih?kalo di abng2 terang bulan teplon ny yg tebel ga sihhhhh woy," timpal TikTok @xyz.

"haduhh klo udh kecil bgt apinya dn masih gosong itu teflon sblm ditaruh dikompor di kasih tatakan besi biar teflon ga langsubg nyentuh api kompor nya, jdi bisa mateng sempurna," jelas TikTok @.