Meski hanya terlihat bertengger begitu saja di atas kompor, tapi tungku kompor sangat berguna, lho. Pasalnya, tungku kompor bisa menjaga posisi wajan tetap stabil saat memasak. Bayangkan jika tak ada tungku kompor, pastinya kamu kesulitan memegangi wajan terus-terusan sambil masak, kan?

Lantaran posisinya paling dekat dengan wajan, tungku kompor jadi sering terpapar noda, seperti air, minyak, saus, atau bahan masakan lain. Jika dibiarkan, noda-noda tersebut bisa mengering dan berubah jadi kerak membandel. Tak sedikit orang harus merendam tungku kompor di air panas dalam waktu lama supaya noda keraknya mudah dibersihkan.

Namun, berbeda dengan wanita di akun Instagram @at.arahouse yang punya trik lain jauh lebih praktis tanpa air panas sama sekali, lho. Warganet akrab disapa Ajeng ini mengatakan, noda kerak pada tungku kompornya sudah cukup lama dibiarkan, tapi kini jadi bersih lagi dengan memanfaatkan tiga bahan dapur.

"Kayanya setahun lebih pake kompor ini, baru ini aku deep cleaning, biasanya cuma dibersihin pake cairan pembersih kompor, alhasil bekas2 gosong masih pada nempel," tulisnya di keterangan video Instagram @at.arahouse, dikutip BrilioFood pada Minggu (7/7).

Selain pada tungku, pemilik akun Instagram @at.arahouse menuturkan, trik bersih-bersih satu ini juga bisa diaplikasikan pada bagian kompor lain seperti bodi sampai burnernya.

 

© Instagram/@at.arahouse

Nah, sebelum masuk ke proses membersihkan, siapkan dulu racikan bahan pembersihnya dari sabun cuci piring dan cuka. Yup, itulah dua dari tiga bahan utama pada trik ini.

© Instagram/@at.arahouse

Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam botol spray, lalu aduk rata. Pemilik akun Instagram @at.arahouse kali ini menyemprotkannya pada area burner kompor terlebih dahulu. Pemilik akun @at.arahouse juga menjelaskan, trik ini bisa dipraktikkan baik pada kompor gas biasa ataupun kompor listrik tanam seperti miliknya.

© Instagram/@at.arahouse

Usai disemprot dengan racikan cuka dan sabun, gosok area burner kompor dengan sikat gigi bekas. Selanjutnya, taburi dengan baking soda untuk menetralkan asam dari cuka dan sabun cuci piring. Ya, baking soda ini jadi bahan ketiga untuk mempraktikkan trik ini. Setelah itu, seka semua sisa bahan pembersih dengan lap basah.

© Instagram/@at.arahouse

Setelah itu, langsung keringkan area kompor yang basah dengan serbet bersih yang kering. Pastikan kompor jadi benar-benar kering agar tidak menyebabkan korslet saat alat tersebut dipakai lagi nantinya.

© Instagram/@at.arahouse

Lanjut bersihkan tungku dan bagian kompor lain yang bisa dicopot. Bahan yang dibutuhkan juga sama dengan proses sebelumnya, yakni sabun cuci piring, cuka, dan baking soda. Letakkan dulu tungku di dalam baskom berisi air, lalu tambahkan cuka dan sabun cuci piring secukupnya. Gosok tungku kompor hingga semua noda keraknya luntur.

Terakhir, taburi tungku dengan baking soda untuk menetralkan asamnya, baru bilas dengan air bersih. Warganet bernama Ajeng lantas memperlihatkan sebanyak apa kerak yang sukses rontok dari tungkunya, lumayan juga, ya?

© Instagram/@at.arahouse

Selesai dibersihkan, jangan lupa keringkan tungku sebelum dipasang kembali ke kompor. Proses mengeringkan tungku kompor segera setelah dikeringkan ini membantu mencegah datangnya karat, lho. Jadi, tungku kompor di dapurmu bisa tahan lama dan tak mudah keropos.