Brilio.net - Wajan stainless steel kerap dipilih untuk memasak karena kemampuannya mendistribusikan panas secara merata. Tak hanya itu, permukaan wajan yang tahan terhadap goresan, membuat wajan ini diandalkan untuk memasak berbagai jenis hidangan. Di sisi lain, tampilannya yang elegan membuatnya tampak selalu bersih dan rapi di dapur.

Namun, meskipun memiliki banyak keunggulan, wajan stainless steel juga memiliki kelemahan, terutama dalam hal perawatan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah kerak yang mudah terbentuk pada permukaannya. Kerak ini biasanya terjadi ketika makanan menempel atau ketika minyak dan lemak teroksidasi pada suhu tinggi, sehingga membuat wajan tampak kotor dan sulit dibersihkan.

Selain itu, wajan stainless steel juga rentan menjadi kusam seiring waktu, terutama jika sering terkena panas tinggi atau digunakan dengan bahan pembersih yang abrasif. Kusamnya wajan stainless tidak hanya mengurangi daya tarik visualnya, tetapi juga bisa memengaruhi performa memasak. Namun jika kamu memiliki wajan stainless yang kusam dan penuh kerak seperti ini, tak perlu khawatir.

Pasalnya, ada sebuah trik yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Seorang pengguna Instagram @rumahmangga1 pernah membagikan tutorial sederhana dalam membersihkan wajan stainless steel. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa mengembalikan kilau wajan stainless lama agar bisa bersih lagi seperti baru.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @rumahmangga1 pada Selasa (20/8), hal pertama yang harus dilakukan adalah menuang air ke dalam wajan. Setelah itu, masukkan baking soda dan cuka secukupnya. Jika sudah, aduk-aduk dan rebus semua bahan tadi sampai mendidih.

foto: Instagram/@rumahmangga1

Sembari direbus, gosok-gosok juga permukaan wajan menggunakan spatula kayu. Hal ini akan membantu melunakkan kerak-kerak yang menempel. Nah, jika sudah mendidih dan keraknya terangkat, langsung matikan api dan buang air rebusan tersebut.

foto: Instagram/@rumahmangga1

Selanjutnya, cuci wajan stainless steel ini dengan sabun cuci piring. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @rumahmangga1 memilih mencucinya dengan sabun stain remover. Bahan pembersih ini bisa mengangkat sisa kerak sekaligus membuat wajan stainless kembali kinclong dan mengilap.

foto: Instagram/@rumahmangga1

Jika sudah digosok-gosok menggunakan spons, langsung lap dengan kain. Barulah kemudian bilas di bawah air mengalir agar sisa sabunnya benar-benar hilang. Terakhir, keringkan dengan lap agar tampilan wajan semakin kinclong seperti baru.

Ditonton lebih dari 5.000 kali, video tentang trik bersihkan wajan stainless ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar mengaku takjub dengan hasil wajan yang bisa kinclong dan benar-benar bersih.

"Yaaang benerrr ajaa bisa seglowing ini laagii dong," sahut Instagram @trmj89.

Keren Sekalii memang haruss segera dibersihin ya mbakk biar bersih terus," papar Instagram @rumah.buyung.

"Nah tricky bgt emang kalo pake perabit stainless ya mba perawatannya. Pdhl aku suka bgt bahan stainless," kata Instagram @rumah_k4.

"Harus ku praktekan ke wajan gosyongku nih makasi mbaa," komentar akun Instagram @gitafebi.