Brilio.net - Ruangan panas bisa disulap jadi adem dengan AC. Tetapi, nggak semua orang memiliki AC, sehingga kipas angin bisa dijadikan alternatif. Selain harganya relatif murah, kipas angin juga dikenal tidak membutuhkan banyak daya listrik dibandingkan AC.

Namun, kipas angin tidak bisa mengeluarkan suhu dingin sebagaimana AC, sehingga banyak orang masih merasa kepanasan meskipun sudah menyalakan kipas dengan tenaga paling tinggi. Meski begitu, banyak orang begitu kreatif menyulap kipas angin jadi super dingin, lho.

Salah satu caranya, kamu bisa menggantung botol plastik berlubang-lubang di kipas angin, kemudian mengisi botolnya dengan es batu. Yup, cara tersebut diketahui bisa membantu angin dari kipas jadi lebih dingin. Namun, cara tersebut masih dianggap cukup ribet, karena proses melubangi dan menggantung botol di kipas membutuhkan alat khusus.

Nah, biar nggak ribet, ikuti trik dari pengguna akun TikTok @icelandfoods saja, yuk. Usut punya usut, trik ini bukan hanya tanpa modal, tapi juga nggak bikin kamu repot memasang botol plastik di kipas angin. Pengguna akun TikTok @icelandfoods mengungkapkan, sejak mempraktikkan ini, ia sudah tak lagi kepanasan saat tidur di malam hari.

"Is anyone else finding it IMPOSSIBLE to sleep at night in this heat? (Ada yang nggak bisa tidur juga karena kepanasan?)," tulis pemilik akun TikTok @icelandfoods, dikutip BrilioFood pada Senin (8/7).

foto: TikTok/@icelandfoods

Jadi, bahan yang harus disiapkan pertama kali adalah es batu. Masukkan es batu tersebut di dalam mangkuk. Ya, es batu inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik sulap kipas angin jadi sedingin AC ini. Pemilik akun TikTok @icelandfoods menggunakan mangkuk ukuran besar supaya jumlah es batu yang diletakkan bisa banyak.

foto: TikTok/@icelandfoods

Kemudian, pindahkan mangkuk berisi es batu tersebut ke depan kipas angin. Pemilik akun TikTok @icelandfoods menggunakan bantuan meja untuk menaruh mangkuk es batunya, sehingga bisa mendekati tinggi baling-baling kipas angin. Lalu, nyalakan kipas anginnya. Angin dari kipas pun akan berubah jadi dingin usai bersentuhan dengan es batu.

foto: TikTok/@icelandfoods