Brilio.net - Gula sering kali ditambahkan ke dalam berbagai macam makanan dan minuman untuk meningkatkan rasa manis. Di antara banyak jenisnya, gula pasir paling sering digunakan karena mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Oleh sebab itu, gula pasir termasuk bahan makanan pokok yang selalu distok dalam jumlah banyak.

Namun, menyimpan gula pasir sebagai stok juga termasuk tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Bukan tanpa sebab, gula pasir yang tidak disimpan dengan baik bisa membuat kualitasnya menurun. Tak hanya itu, gula pasir yang disimpan juga bisa jadi basah, sehingga teksturnya menggumpal.

Penggumpalan gula pasir disebabkan karena bahan makanan ini memiliki sifat higroskopis, yang berarti mudah menyerap kelembapan dari lingkungan sekitarnya. Jika tidak disimpan dengan benar, gula pasir dapat menjadi basah dan menggumpal, sehingga menyulitkan penggunaannya dan mengurangi kualitasnya. Gula yang basah akan menggumpal, sehingga membuatnya sulit untuk diukur dan ditaburkan secara merata. Selain itu, gula yang terkena kelembapan juga berisiko mengalami pertumbuhan jamur atau mikroorganisme lain yang dapat merusak rasa dan keamanannya untuk dikonsumsi.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan beberapa langkah preventif yang efektif. Menyimpan gula pasir dalam wadah yang kedap udara adalah salah satu cara terbaik untuk mencegahnya dari kelembapan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua wadah kedap udara bisa jadi tempat ideal untuk menyimpan gula pasir.

Hal tersebut pernah dijelaskan oleh pengguna Instagram @tinissn_. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bahwa beberapa jenis wadah tertentu tetap bisa membuat gula pasir jadi lembap dan menggumpal. Selain itu, peletakan gula pasir ini juga sangat berpengaruh pada kualitasnya.

foto: Instagram/@tinissn_

Dilansir BrilioFood dari Instagram @tinissn_ pada Selasa (10/9), menyimpan gula pasir perlu dilakukan dengan baik. Dalam salah satu unggahannya, pengguna Instagram @tinissn_ mengaku bahwa gula pasir sebaiknya tidak disimpan dalam wadah yang transparan. Pasalnya, wadah transparan ini bisa membuat sinar matahari mengenai gula pasir secara langsung.

Paparan cahaya, terutama sinar matahari langsung, dapat memengaruhi kualitas gula pasir. Meskipun gula pasir tidak mudah rusak seperti makanan lain, sinar matahari bisa memanaskan gula dan menyebabkan kelembapan terbentuk di dalam wadah. Kelembapan ini dapat membuat gula menggumpal dan lebih sulit digunakan.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya simpan gula pasir dalam wadah yang lebih tebal. Pastikan wadahnya tidak transparan atau tidak tembus cahaya, ya. Nah, wadah tersebut juga harus benar-benar kedap udara.

foto: Instagram/@tinissn_

Selain itu, hindari menyimpan sendok di dalam wadah berisi gula pasir. Bukan tanpa sebab, sendok jadi benda yang mudah terkontaminasi. Hal tersebut tentu bisa membuat gula pasir juga terkontaminasi bakteri dari luar wadah yang menyebabkannya jadi basah atau bahkan menggumpal. Agar lebih aman, gunakan sendok khusus untuk mengambil gula dari wadah.

foto: Instagram/@tinissn_

Di sisi lain, letakkan gula di suhu ruang yang stabil. Hindari menyimpannya di dekat kompor atau dekat jendela yang memancarkan hawa panas. Selain itu, hindari juga menyimpan gula pasir dalam kulkas karena suhunya yang dingin bisa membuat gula mudah basah dan menggumpal.

Trik lain dalam menyimpan gula pasir adalah dengan menambahkan pengering seperti silica gel untuk membantu menjaga gula tetap kering dan bebas gumpalan. Dengan langkah-langkah ini, gula pasir dapat tetap terjaga kualitasnya dan siap digunakan kapan saja.