Brilio.net - Daun pepaya sering disajikan menu sayur khas rumahan buat melengkapi nasi dan lauk. Daun satu ini dikenal baik untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari healthline.com, daun pepaya tinggi serat dan aneka vitamin buat menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, daun pepaya juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan, mencegah inflamasi, dan lain sebagainya.

Namun, banyak orang ogah makan daun pepaya karena punya rasa pahit yang dominan. Makanya biar rasa pahitnya hilang, daun ini bisa direbus dulu dengan bahan tertentu. Trik merebus daun pepaya sempat dibagikan oleh pengguna akun YouTube MGB GARDEN.

Wanita ini tak sekadar berbagi trik, tapi melakukan eksperimen untuk mendapatkan trik paling ampuh untuk hilangkan pahit daun pepaya. Bahkan, temuannya menemukan satu trik yang sekaligus menjaga warna daun pepaya tetap hijau usai direbus, lho.

"Saya sudah menyiapkan 5 wadah daun pepaya masing-masing seberat 100 gram, direbus dalam 120 ml air selama 15 menit," tutur pemilik akun YouTube MGB GARDEN, dikutip BrilioFood pada Senin (8/7).

foto: YouTube/MGB GARDEN

Daun pepaya yang sudah dipisah jadi 5 bagian tersebut akan direbus dengan 5 trik berbeda, yang pertama, daun pepaya direbus tanpa tambahan bahan apapun. Lalu, daun pepaya kedua direbus pakai tambahan daun jambu. Sementara yang ketiga, daun pepaya direbus bersama asam jawa.

foto: YouTube/MGB GARDEN

Selanjutnya, dua daun pepaya terakhir akan direbus masing-masing dengan tambahan ampo (tanah liat) dan baking soda. Seperti daun pepaya sebelumnya, kedua daun pepaya terakhir ini juga direbus di dalam 120 ml air selama 15 menit.

foto: YouTube/MGB GARDEN

Usai direbus, daun pepaya tersebut harus dibilas dulu dengan air bersih sebelum disajikan.

foto: YouTube/MGB GARDEN

Nah, saatnya pemilik akun YouTube MGB GARDEN mencicipi daun pepaya mana yang sukses direbus sampai hasilnya tak pahit dan nggak menghitam. Menurutnya, daun pepaya pertama yang direbus tanpa tambahan bahan apapun warnanya tetap hijau, tapi masih terasa pahit.

Kemudian, daun pepaya kedua yang direbus pakai daun jambu juga tetap hijau, tapi rasa pahitnya sedikit berkurang. Sementara daun pepaya yang direbus pakai asam jawa punya rasa paling pahit dibanding lainnya dan warna daunnya juga sudah tak hijau cerah lagi.

Di sisi lain, pengguna akun YouTube MGB GARDEN mengatakan, daun pepaya yang direbus dengan tambahan baking soda rasa pahitnya berkurang dan warnanya tetap hijau. Tekstur daun pepayanya juga jadi lebih lembut usai direbus bersama baking soda ini.

Nah, terakhir, daun pepaya yang direbus dengan ampo jadi pemenangnya. Pemilik akun YouTube MGB GARDEN menyebutkan, hasil rebusan daun pepaya dengan tambahan tanah liat satu ini sama sekali tak pahit dan warnanya tetap hijau.

"Kesimpulannya yang paling efektif untuk menghilangkan rasa pahit adalah... AMPOOOO tanah liat," tulisnya di keterangan video.

foto: YouTube/MGB GARDEN