Brilio.net - Pepaya dikenal sebagai buah tropis yang mudah tumbuh di Indonesia tanpa mengenal musim. Tak heran kalau buah berdaging merah ini dijual dengan harga terjangkau.

Sama seperti buah lainnya, pepaya juga kaya gizi, lho. Dilansir BrilioFood dari kemkes.go.id pada Selasa (18/6), pepaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stres, melindungi diri dari radang sendi, membuat mata lebih sehat, mengurangi nyeri haid, sampai menurunkan kolesterol.

Jika pepaya masih hijau atau belum matang, buah ini bisa dimasak menjadi sayur. Kalau telah matang, pepaya memiliki rasa nikmat, manis yang khas dan cenderung berair. Warna daging buahnya yang cerah, bikin orang lain tergiur untuk menyantap buah ini.

Walau rasanya nikmat, ternyata masih ada orang yang tidak doyan pepaya, lho. Salah satu alasannya adalah merasa geli dengan tekstur pepaya yang lembut dan berair.

Beberapa lagi, menyukai pepaya namun tidak suka proses memotongnya. Oleh sebab itu, banyak orang memilih untuk beli potongan pepaya ketimbang harus mengupas sekaligus memotong sendiri.

Buat sebagian orang, memotong buah pepaya memang menjadi tantangan tersendiri. Terutama untuk menjaga agar tidak benyek dan tak merasa geli saat memegang daging buahnya yang lembut serta berair. Sensasi geli tersebut timbul lantaran kulit menyentuh daging buah pepaya.

Nah, kini kamu tak perlu khawatir, karena ada trik memotong pepaya tanpa perlu memegang daging buahnya, lho. Meski tanpa memegang, hasil potongannya tetap bagus.

Trik memotong pepaya tanpa menyentuh ini dibagikan oleh pengguna akun Instagram @vanisagita. Sebelum dipotong, kamu perlu mencuci pepaya dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin masih menempel pada kulit buah. Supaya tidak licin saat memotong, kamu juga bisa mengeringkannya dengan lap atau handuk.

foto: Instagram/@vanisagita

Lalu siapkan talenan dan juga pisau bersih. Pastikan kedua alat tersebut dalam keadaan kering juga, ya. Gunakan pisau tajam untuk memotong kedua ujung pepaya. Pastikan memotongnya dengan hati-hati agar tidak mengenai daging buah.

Lalu belah pepaya dengan cara tempatkan buah yang telah dipotong ujungnya secara horizontal di atas talenan. Jadi, tak perlu dipegang dengan tangan, ya. Potong kembali pepaya menjadi dua bagian memanjang. Pastikan potongan ini dilakukan dengan hati-hati dan rata.

foto: Instagram/@vanisagita

Proses selanjutnya adalah membuang biji pepaya. Caranya, pegang bagian kulit pepaya tanpa menyentuh daging buah. Lalu ambil pisau kembali dan gunakan untuk mengeluarkan biji pepaya dari kedua belahnya. Gerakkan pisau dengan lembut di bagian dalam pepaya untuk mengangkat biji tanpa menggores daging buah terlalu dalam.

foto: Instagram/@vanisagita

Jika sudah tak ada biji yang menempel pada buah, kini saatnya proses pengupasan. Letakkan salah satu bagian pepaya dengan sisi daging menghadap ke bawah di atas talenan. Gunakan pisau untuk memotong kulit pepaya dari satu ujung ke ujung lainnya. Usahakan memotong setipis mungkin kulit agar tidak banyak daging yang terbuang.

foto: Instagram/@vanisagita

Setelah kulit pepaya terkelupas, kini saatnya memotong daging buah. Kamu bisa memotongnya menjadi empat bentuk horizontal.

foto: Instagram/@vanisagita

Setelah itu, robohkan pepaya dengan pisau lalu potong dadu. Kini, pepaya siap untuk dinikmati.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Vani Sagita (@vanisagita)