Brilio.net - Iga sapi adalah bagian daging yang sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti sop, konro, iga bakar, dan pindang iga. Namun, mengolah iga sapi memerlukan trik khusus agar dagingnya tidak keras. Meski sudah dibumbui, terkadang iga sapi masih memiliki aroma khas yang kurang sedap.

Untuk mengatasi ini, rebus iga sapi terlebih dahulu. Tambahkan berbagai rempah ke dalam rebusan untuk menghilangkan bau dan membuat daging lebih empuk. Iga sapi dikenal memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang lembut jika diolah dengan benar, menjadikannya pilihan populer dalam masakan.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Dian Resep pada Jumat (24/10), pastikan iga sapi yang diolah masih dalam keadaan segar. Tanpa perlu dicuci dulu, potong-potong iga sapi sesuai selera.

foto: YouTube/Dian Resep

Selanjutnya, tuang air ke panci. Nyalakan api dan rebus sampai mendidih. Kemudian masukkan daun jambu biji dan potongan iga sapi.

"Untuk 1 kg iga sapi aku pakai 9 lembar daun jambu biji. Ini fungsinya biar iga sapi cepat empuk dan hilang bau prengusnya," jelasnya.

foto: YouTube/Dian Resep

Rebus iga sapi sampai semua kotorannya terangkat di permukaan air rebusan. Kalau sudah, matikan kompor dan tiriskan satu per satu potongan iga sapi.

foto: YouTube/Dian Resep

Bilas potongan iga sapi di bawah air mengalir. Pastikan nggak ada lagi kotoran ataupun sisa lemak yang menempel.

"Jadinya udah bersih gini ya," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Dian Resep

Lalu masukkan potongan iga sapi ke panci. Rebus lagi iga sapi dengan metode 5-30-7. Yaitu, rebus selama 5 menit, setelah air mendidih matikan selama 30 menit, dan rebus lagi selama 7 menit setelah air mendidih.

foto: YouTube/Dian Resep

Matikan kompor dan tiriskan iga sapi kalau sudah matang. Agar mudah dimakan, potong-potong lagi iga sapi jadi lebih kecil atau sesuai selera.

"Teksturnya bener-bener empuk dan nggak bau prengus lagi," ucapnya.

foto: YouTube/Dian Resep

Karena sudah tahu triknya, kamu jadi nggak malas lagi mengolah iga sapi sendiri di rumah, kan? Video berdurasi 6 menit 47 detik ini sudah ditonton hingga 8,3 ribu kali.