Brilio.net - Memasak merupakan salah satu aktivitas rumah tangga yang hampir dilakukan setiap hari. Untuk memasak, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan kompor gas karena praktis dan bahan bakarnya mudah didapat.

Namun, terkadang penggunaan kompor gas tidak lepas dari masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah suara mendesis yang keluar dari gas elpiji yang terpasang pada regulator. Suara ini menandakan bahwa gas mungkin mengalami kebocoran. Selain itu, gas yang bocor dapat memenuhi ruangan, yang berbahaya jika terhirup dan dapat memicu kebakaran.

Sebagai solusi, beberapa orang mencoba menambal bagian gas dengan berbagai bahan. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah plastik. Namun, menurut informasi dari tasteofhome.com, plastik tidak tahan panas dan mudah robek, sehingga tidak efektif sebagai tambalan untuk mulut gas.

Sebagai alternatif, mengganti karet mulut gas dengan yang baru adalah pilihan yang baik. Namun, ada cara lain yang bisa diterapkan ketika gas mengeluarkan suara mendesis, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @ttyttt.

Di awal video, ia menunjukkan kondisi gas yang mengeluarkan suara saat regulator dipasang. Meskipun regulator sudah dikunci dengan rapat, suara mendesis dari gas tetap terdengar keras.

"Tuh bunyi kan, guys," ujarnya, seperti yang dikutip BrilioFood dari TikTok @ttyttt pada Rabu (11/9).

foto: TikTok/@ttyttt

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna TikTok tersebut memiliki cara unik. Alih-alih menggunakan karet gelang atau plastik, ia memanfaatkan satu jenis sampah dapur, yaitu bekas kemasan bumbu.

"Bekas ini saja, kita lipat sampai kecil seperti ini," jelasnya lebih lanjut.

foto: TikTok/@ttyttt

Setelah itu, lipatan bekas kemasan bumbu tersebut diletakkan di bagian lubang regulator. Setelah itu, pasang regulator ke mulut gas seperti biasa.

foto: TikTok/@ttyttt

Selanjutnya, jangan lupa untuk memutar kunci regulator agar terpasang dengan sempurna. Dengan menggunakan lipatan bekas kemasan bumbu, tidak ada lagi ruang kosong di lubang regulator. Hal ini memastikan gas dapat mengalir ke selang regulator tanpa ada yang bocor ke luar.

"Langsung hilang suara mendesisnya," tambahnya.

foto: TikTok/@ttyttt

Dengan pemasangan yang tepat, gas dapat berfungsi dengan baik, dan kompor bisa dinyalakan seperti biasa. Tidak perlu khawatir lagi karena suara mendesis dan bau gas bocor sudah tidak ada.

foto: TikTok/@ttyttt