Brilio.net - Untuk membersihkan area dapur, banyak orang menggunakan serbet (kain lap). Kain serbet mampu menyerap berbagai kotoran karena terbuat dari serat yang rapat.

Sayangnya, semua kotoran tersebut berpindah ke serbet. Jika tidak segera dibersihkan, serbet akan menjadi dekil dan kumal. Bahkan, serbet juga bisa beraroma apek.

Untuk membersihkan serbet, beberapa orang merendamnya dalam larutan pembersih. Agar lebih bersih maksimal, serbet biasanya disikat dengan kuat.

Namun, bagi yang tidak ingin repot mengucek, bisa meniru cara Rina Kartomisastro saat mencuci serbet. Melalui video yang dibagikannya, Rina memiliki cara tersendiri untuk membersihkan serbet dekil dan berbau. Menariknya, cara ini tidak memerlukan proses mengucek.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Rina Kartomisastro pada Senin (23/9), caranya, masukkan serbet yang mau dibersihkan ke ember. Lalu tambahkan deterjen pakaian secukupnya sebagai campuran pembersih.

foto: YouTube/Rina Kartomisastro

Rina juga menambahkan satu bahan dapur sebagai campuran pembersih, yakni sabun cuci piring.

"Pakai takaran secukupnya aja jangan kelebihan jangan kesedikitan," ungkapnya.

foto: YouTube/Rina Kartomisastro

Ia juga menuangkan air panas ke dalam ember hingga merendam serbet secara sempurna, ya.

"Ini air panasnya dipakai biar bisa melunturkan segala kotoran yang ada di serbet," ucapnya.

foto: YouTube/Rina Kartomisastro

Diamkan serbet selama dua jam agar cairan pembersih bisa bekerja optimal. Setelah dibiarkan beberapa saat, tampak warna air rendaman berubah keruh dan kehitaman.

"Seluruh kotorannya larut di dalam air nih langsung jadi butek," ujarnya.

foto: YouTube/Rina Kartomisastro

Tanpa perlu dikucek lagi, langsung peras dan bilas serbet pakai air biasa. Kalau sudah, jemur serbet di bawah sinar matahari. Setelah kering, serbet pun terlihat bersih kembali.

foto: YouTube/Rina Kartomisastro

"Hasilnya seperti ini temen-temen langsung putih lagi seperti baru beli, ya," ungkapnya.