Brilio.net - Peyek merupakan salah satu camilan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, peyek dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, kemudian diberi bumbu dan kacang. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang menyukai camilan ini.

Tidak perlu selalu membeli di luar, kamu bisa membuat peyek sendiri di rumah. Selain mudah dibuat, bahan-bahan yang diperlukan juga cukup sederhana dan biasanya tersedia di rumah. Jika stok tepung beras sedang habis, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengganti bahan dasar adonan peyek dengan tepung terigu.

Agar teksturnya tidak alot dan keras, beberapa orang menambahkan tepung maizena ke dalam adonan. Namun, sebenarnya ada bahan lain yang perlu ditambahkan untuk menghasilkan adonan peyek yang lebih renyah dan tahan lama. Salah satu pengguna YouTube, Dapoer cook, pernah membuktikan hal tersebut.

"Di sini saya akan memberikan rahasia peyek supaya enak, gurih, dan renyah tahan lama tidak mudah melempem," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Dapoer cook pada Minggu (29/9).

Pertama, potong-potong kacang tanah yang akan diolah. Sisihkan. Selanjutnya, masukkan 6 siung bawang putih, 4 buah kemiri, dan 1 sdm ketumbar ke dalam blender. Haluskan dan sisihkan terlebih dahulu.

foto: YouTube/Dapoer cook

Campurkan 50 gr tepung maizena, 250 gr tepung terigu, dan 50 gr tepung tapioka. Aduk-aduk sampai tidak ada tepung yang bergerindil. Jika sudah, masukkan bumbu halus yang sudah dibuat. Aduk merata.

foto: YouTube/Dapoer cook

Agar rasanya semakin gurih, masukkan 1/2 sdt kaldu bubuk, 1/2 sdt penyedap rasa, 1/4 sdt kunyit bubuk, 1 bungkus santan dan 1/4 sdt baking powder. Penambahan baking powder inilah yang bisa membuat tekstur peyek jadi lebih renyah tahan lama. Terakhir, tuangkan 500 ml air ke dalam wadah.

"Tuang sedikit demi sedikit sampai adonan peyek jadi," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Dapoer cook

Langkah selanjutnya, masukkan irisan daun jeruk dan potongan kacang tanah. Aduk-aduk lalu adonan peyek siap untuk digoreng di minyak panas.

foto: YouTube/Dapoer cook

Taruh adonan peyek di pinggiran wajan. Hal ini bertujuan untuk membuat bentuk peyek jadi tipis.

"Karena tidak menggumpal, peyek jadi lebih gurih dan kriuk," ucapnya.

foto: YouTube/Dapoer cook

Goreng peyek sampai warnanya kuning kecokelatan. Kalau sudah, langsung angkat dan tiriskan sampai kandungan minyak di peyek jadi berkurang. Peyek pun siap untuk dimakan.

foto: YouTube/Dapoer cook