Brilio.net - Panci sering digunakan untuk mendidihkan air atau merebus makanan, dan seiring waktu, endapan putih seperti kapur bisa muncul di dasarnya. Endapan ini berasal dari mineral dalam air yang berubah menjadi kapur saat dipanaskan. Jika dibiarkan, kerak kapur akan menumpuk dan semakin sulit dibersihkan, serta dapat memengaruhi kualitas air atau makanan yang direbus.

Banyak orang mencoba berbagai cara untuk membersihkan panci dari kerak kapur, salah satunya dengan sitrun. Sitrun dikenal efektif mengangkat kerak kapur, tetapi tidak semua orang mudah mendapatkannya karena tidak semua toko atau supermarket menjualnya. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan bahan dapur lain yang lebih mudah ditemukan, seperti yang dilakukan oleh pengguna TikTok @putraapibiru.tv.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @putraapibiru.tv pada Selasa (22/10), dia memilih menggunakan cuka makan. Caranya, ambil panci yang sudah terlanjur berkerak. Tanpa harus dibasahi terlebih dahulu, langsung tuang satu botol cuka makan ke dalamnya.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv

Kalau sudah, taruh panci di atas kompor. Nyalakan api dan rebus cuka sampai mendidih. Karena pakai cuka, kerak yang ada di dasar dan dinding panci tampak mengelupas semua. Rebusan cuka yang tadinya berwarna putih seketika berubah menghitam.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv

Jika sudah mendidih, matikan api kompor dan buang air rebusan. Gosok-gosok panci pakai sabun cuci piring biasa. Agar bersih maksimal, ia menggosok panci pakai spons kawat. Karena sudah direbus pakai larutan cuka tadi, kerak kapur di panci pun jadi lebih mudah untuk dihilangkan.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv

Terakhir, bilas panci pakai air mengalir. Pastikan seluruh permukaannya bersih maksimal dan tidak licin lagi. Tiriskan dan hasilnya pun tampak memuaskan, kan?

"Kerak ilang seketika," tulisnya di keterangan video.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv