Brilio.net - Singkong merupakan sumber makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Dilansir dari laman Healthline, dalam 100 gram ketela atau singkong mengandung 40 gram karbohidrat, serta nutrisi lain seperti 191 kalori, 1,5 gram protein, 2 gram serat, vitamin C, vitamin B6, hingga potasium dan magnesium. Semua nutrisi ini baik untuk tubuh, termasuk pencernaan dan kesehatan tulang. Apalagi jika dimasak dengan cara direbus, yang meminimalisir asupan minyak yang bisa berkontribusi terhadap risiko kesehatan jika pengolahan tidak tepat.

Merebus singkong tampak mudah, tinggal direbus dan tunggu matang. Namun, jangan sampai hasil rebusan singkong malah jadi tidak enak, seperti rasanya hambar, tekstur alot atau keras, dan lain sebagainya.

Seorang pengguna akun YouTube, Dapur Mellgy, berbagi cara membuat singkong rebus yang gurih dan ketika digoreng nantinya akan merekah sempurna. Apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana langkah-langkahnya?

Pemilik akun YouTube Dapur Mellgy membagikan resep merebus singkong yang empuk, gurih, wangi, dan mereka sempurna. Dilansir BrilioFood dari YouTube Dapur Mellgy, Minggu (29/9), yang pertama, siapkan 1 kilogram singkong. Kupas kulitnya, cuci bersih, lantas potong-potong sesuai selera.

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Jangan lupa siapkan 1 liter air bersih untuk merebus singkong nantinya.

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Selanjutnya, siapkan bumbu yang bikin singkong rebus makin gurih, empuk, wangi, dan merekah. Bumbu-bumbu itu adalah 3 siung bawang putih, 3 lembar daun salam, dan 1 sdm garam. Apa fungsi daun salam?

Dalam kolom komentar, tampak akun @liaistiqo9368 menanyakan, "dimasukin daun salam supaya apa bun?", dijawab oleh pemilik akun YouTube, "Supaya wangi kak."

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Nah, step selanjutnya adalah mengiris tipis bawang putih.

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Kemudian dilanjutkan menuangkan sebagian air ke dalam panci. Tanpa menunggu lama, langsung masukkan garam, bawang putih, dan daun salam pula. Aduk-aduk sampai merata. Baru nyalakan kompor dengan api sedang.

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Langsung masukkan singkong, disusul menuangkan air yang masih tersisa ke dalam panci.

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Proses memasak pun dimulai. Diamkan singkong direbus selama 20 menit dalam kondisi panci tertutup rapat. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda matang seperti tekstur melunak, bolak-balik singkong untuk mengecek kematangan di seluruh potongan singkong.

foto: YouTube/Dapur Mellgy

Apabila airnya sudah asat atau menyusut, singkong lunak, baru angkat dan tiriskan singkong. Camilan menyehatkan siap dijadikan santapan bersama teh hangat.

Unggahan YouTube apur Mellgy ini pun menuai banyak atensi warganet. Banyak yang tertarik mencobanya. Bahkan ada yang sudah berhasil menirukan resep ini, lho.

"Terimakasih banyak bunda...akan saya coba resepnya," tulis akun najiaululazmi3897.

"Terima kasih bun, resep sudah saya coba dan hasilnya enak," ungkap akun @burhanudinnurhidayat2646

"Alhamdulillah enak. Sudah saya coba. Pertama kali langsung enak," kata akun @attafr9482 yang berhasil mencoba cara yang sama.

"Prnh nyoba ini..singkong rebusku yg tadinya alot ku masak ulang pake cara ini,bhasil empuk & enak," timpal akun @uyasyamri4462.