Brilio.net - Lontong sering dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang tidak kalah mengenyangkan. Pada dasarnya, dua makanan ini dibuat dari bahan yang sama, yakni beras. Namun, lontong dimasak dengan kandungan air yang lebih banyak agar teksturnya lebih padat dan pulen.

Untuk menghasilkan tekstur yang padat, lontong harus dimasak dalam waktu yang lama. Setelah dicetak, beras harus direbus selama 1-2 jam. Sayangnya, hal ini membuat sebagian orang berpikir dua kali saat hendak membuat lontong sendiri di rumah. Proses perebusan yang lama juga membuat boros penggunaan gas elpiji.

Padahal, durasi tersebut bisa dipersingkat jika menggunakan metode khusus. Ada beberapa teknik khusus yang bisa dilakukan untuk merebus lontong yang pulen, padat, dan tetap hemat gas.

Seorang pengguna YouTube bernama Ayesha Salsabila pernah membagikan trik merebus lontong dalam waktu singkat. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku bisa merebus lontong dalam waktu 5 menit saja. Namun, hasil lontong tetap padat dan pulen karena direbus dengan sejumlah trik khusus.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (24/9), hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan beras yang sudah dicuci bersih. Lalu masukkan ke dalam rice cooker dan beri air secukupnya. Jika sudah, masak nasi seperti biasa di dalam rice cooker.

foto: YouTube/Ayesha Salsabila

Setelah nasi matang, diamkan sebentar sampai suhunya hangat. Lalu siapkan cetakan yang akan digunakan. Dalam video tersebut, dia menggunakan daun pisang untuk mencetak dan membungkus lontongnya.

foto : YouTube/Ayesha Salsabila

Nah, ambil dua centong nasi dan letakkan di atas daun pisang. Tekan-tekan dan padatkan nasinya menggunakan daun pisang. Lalu gulung daun pisangnya sambil ditekan supaya nasi di dalam semakin padat. Jika sudah, bungkus daun pisang dan sematkan kedua sisinya menggunakan lidi.

foto: YouTube/Ayesha Salsabila

Selanjutnya, rebus air dalam panci. Jika sudah mendidih, langsung masukkan lontongnya ke dalam panci. Rebus terus selama 5 menit, terhitung saat air kembali mendidih (saat lontong sudah dimasukkan).

foto: YouTube/Ayesha Salsabila

Saat merebus lontong, pastikan panci dalam kondisi tertutup, ya. Lalu setelah 5 menit, matikan api kompor dan diamkan selama 30 menit dalam posisi panci masih tertutup. Nah, tahap ini akan membuat lontong terus matang dan pulen karena suhu air yang masih tinggi akan melanjutkan proses perebusan.

Nah, setelah didiamkan, langsung buka tutup panci dan angkat lontongnya. Sebaiknya biarkan dulu sampai lontong dingin agar teksturnya semakin padat. Barulah kemudian lontong siap disantap. Saat dibelah, tekstur lontong tampak padat dan pulen, lho. Dijamin bisa nambah selera makan.

foto: YouTube/Ayesha Salsabila