Siapkan potongan ayam kampung yang sudah dicuci bersih di dalam wajan. Setelah itu, beri air secukupnya. Untuk 1 ekor ayam kampung, warganet akrab disapa Mama Rayyan ini menggunakan 500 ml air. Selanjutnya, tutupi seluruh ayam kampung dengan dua lembar daun pisang.

"Fungsinya daun pisang ini supaya ayamnya wangi," kata pemilik akun YouTube Rayyan Al Ghazali, dikutip BrilioFood pada Selasa (11/7).

foto: YouTube/Rayyan Al Ghazali

Setelah meletakkan daun pisang, beri pula tutup panci. Namun, alih-alih pakai tutup panci seukuran diameter wajan, pemilik akun YouTube Rayyan Al Ghazali ini memilih menggunakan tutup panci yang lebih kecil supaya bisa menekan semua potongan ayam biar tidak mudah bergerak. Kemudian, tutup panci tersebut diberi pemberat apa pun, misalnya loyang pyrex kaca.

foto: YouTube/Rayyan Al Ghazali

Selanjutnya, nyalakan api kompor sedang dan rebus ayam kampung sekitar 30 menit supaya teksturnya benar-benar empuk. Selama proses perebusan, loyang pyrex, tutup panci, maupun daun pisang sebaiknya jangan dibuka sama sekali agar hasil rebusan ayam kampung benar-benar empuk. Nantinya setelah direbus, air rebusan jadi menyusut dan minyak alami dari ayam kampung keluar dengan sendirinya.

"Empuk banget, ini ditusuk garpu dagingnya empuk banget tanpa ada perlawanan," cetus Mama Rayyan.

foto: YouTube/Rayyan Al Ghazali

Gimana, praktis banget kan trik merebus ayam kampung satu ini? Kalau kamu, tertarik mencobanya di rumah atau punya trik lain yang lebih mudah? Menilik unggahan YouTube Rayyan Al Ghazali, memang belum banyak warganet yang meninggalkan komentar. Meski begitu, video ini sudah mendapat lebih dari 40 ribu viewers, lho.