Brilio.net - Daun bawang sering digunakan untuk memasak. Aromanya khas dan rasanya yang segar menjadikan daun bawang sebagai bumbu pelengkap untuk meningkatkan cita rasa hidangan. Selain itu, daun bawang juga tinggi nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, serta berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu cara penggunaan daun bawang yang paling umum adalah dengan diiris tipis. Irisan daun bawang dapat digunakan sebagai taburan pada hidangan seperti sup, mi, dan salad untuk menambah rasa dan tampilan yang menarik. Namun ketika diiris, daun bawang kadang-kadang mengeluarkan lendir. Lendir ini sebenarnya merupakan getah alami yang membantu melindungi daun bawang dari kekeringan dan serangan hama. Meskipun tidak berbahaya, keberadaan lendir ini bisa sedikit mengganggu jika tidak diatasi dengan benar.

Untuk mengurangi lendir yang keluar saat mengiris daun bawang, ada trik yang bisa diterapkan. Trik sederhana ini pernah dipraktikkan oleh pengguna TikTok @melizah615. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa mengiris daun bawang dengan lebih bersih tanpa mengeluarkan lendir.

Usut punya usut, pengguna TikTok ini menggunakan satu bahan dapur. Dilansir BrilioFood dari TikTok @melizah615 pada Kamis (24/10), bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Nah, garam dinilai dapat mengikat lendir yang ada di daun bawang. Oleh sebab itu, lendirnya tidak keluar saat diiris.

foto: TikTok/@melizah615v

Cukup letakkan daun bawang di atas talenan. Pastikan daun bawang sudah dalam kondisi bersih dan telah dicuci. Mencuci daun bawang bisa meminimalisir timbulnya lendir saat diiris.

foto: TikTok/@melizah615

Setelah itu, taburi daun bawang dengan garam secara merata. Barulah kemudian iris-iris menggunakan pisau yang tajam. Nah, pisau yang tajam juga bisa menghasilkan potongan daun bawang yang lebih bersih dan minim tekanan pada serat daun bawang. Hal ini menjadi kunci penting supaya daun bawang tidak mengeluarkan lendir.

foto: TikTok/@melizah615

Dalam video tersebut, pengguna TikTok @melizah615 ini menampilkan hasil daun bawang yang sudah diiris. Benar saja, sekalipun diiris tipis, tidak ada lendir yang keluar dari daun bawang. Oleh sebab itu, hasil irisannya jadi lebih rapi dan bersih.

Nah, garam sendiri bisa membuat daun bawang tidak berlendir saat diiris karena sifat osmosis yang dimilikinya. Ketika daun bawang ditaburi garam, garam tersebut menarik air keluar dari sel-sel daun bawang melalui proses osmosis. Air yang terdapat di dalam sel-sel daun bawang akan keluar menuju permukaan, akibat perbedaan konsentrasi garam di dalam dan di luar sel. Proses ini mengurangi jumlah air di dalam sel yang berkontribusi pada pembentukan lendir saat daun bawang diiris.

Di sisi lain, getah atau lendir yang dikeluarkan oleh daun bawang saat diiris sebenarnya adalah cairan yang ada di dalam sel-sel daun bawang. Dengan mengurangi kandungan air di dalam sel melalui osmosis, jumlah getah yang keluar saat diiris juga akan berkurang. Garam membantu mengeluarkan sebagian air dari daun bawang sebelum proses pengirisan, sehingga saat diiris, lendir yang dihasilkan jauh lebih sedikit.