Brilio.net - Saat memasak, bumbu menjadi komponen penting. Ada berbagai jenis bumbu yang bisa dimasukkan ke dalam masakan, mulai dari gula, garam, lada, ketumbar, kaldu bubuk, dan lainnya. Setiap masakan memiliki kombinasi bumbu tertentu untuk menghasilkan rasa yang pas dan lezat.

Namun, terkadang otak kurang fokus saat memasak, sehingga keliru memasukkan takaran bumbu ke dalam wajan. Jika takaran bumbu kurang, tinggal ditambah lagi. Berbeda jika takaran bumbu berlebihan, bisa membuat panik dan bingung cara mengatasinya.

Banyak orang sering salah menakar garam saat memasak, sehingga masakan menjadi keasinan. Untuk mengurangi rasa asin, seringkali ditambah air atau gula. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan potongan kentang. Dilansir dari eatwell101.com, kentang mengandung pati yang bisa menyerap kadar garam pada masakan.

Di sisi lain, ada satu trik lain yang bisa kamu praktikkan di rumah. Trik ini dibagikan oleh warganet melalui akun YouTube INFO & IDE KITA. Selain membantu mengatasi masakan keasinan, trik ini juga akan menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat. 

"Selain rasanya nikmat, rasa asinnya juga berkurang, guys," tegas pemilik akun YouTube INFO & IDE KITA, dikutip BrilioFood pada Rabu (25/9).

foto: YouTube/INFO & IDE KITA

Pemilik akun YouTube INFO & IDE KITA kali ini ingin mengurangi rasa asin pada menu bakmi gorengnya. Tetapi, menurutnya trik ini dapat pula dipraktikkan ke jenis masakan lain, lho. Triknya, cukup tambahkan sedikit minyak wijen ke masakan yang terlalu asin.

Dilansir dari today.com, bahan seperti minyak ataupun lemak bisa menyerap kadar garam berlebih pada masakan. Selain minyak wijen, kamu pun bisa menggunakan butter, olive oil, ataupun bahan lainnya. Namun, jangan menuangkannya terlalu banyak agar tidak merusak tekstur dan rasa asli masakan, ya.

foto: YouTube/INFO & IDE KITA

Gimana, mulai sekarang kamu nggak perlu pusing lagi saat masakan yang sedang dibuat keasinan, kan? Menilik unggahan milik YouTube INFO & IDE KITA, belum terdapat komentar dari warganet. Tetapi, video ini sudah mendapat lebih dari 400 viewers.