Brilio.net - Kondisi pisau yang tajam tentu bisa membuat proses memasak jadi lebih mudah. Namun tak dapat dipungkiri bahwa seiring penggunaan, pisau yang kerap digunakan bisa jadi tumpul. Tak hanya itu, pisau juga berpotensi berkarat jika tidak dirawat dengan baik, sehingga tidak maksimal dalam memotong bahan makanan.

Selain noda karat, bumbu dapur juga bisa jadi masalah utama yang bikin pisau tampak kotor. Saat digunakan memotong bumbu dapur seperti kunyit, noda kuning dari bumbu tersebut akan menempel di mata pisau. Di sisi lain, noda kuning ini cenderung membandel dan sulit dihilangkan hanya dengan sabun.

Nah, untuk mengatasi sejumlah masalah tersebut, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @rumah_stia. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik tersendiri saat mengasah pisau dapur yang terkena noda kunyit dan bercak karat. Dengan trik tersebut, pisau bisa kembali tajam dan kinclong seperti baru.

Cara mengasah pisau agar tajam seperti baru.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (18/6), jadi pisau dapur harus dibersihkan dengan bahan khusus terlebih dahulu. Bahan dapur yang dipakai adalah baking soda, jeruk nipis, dan bawang merah. Nah, setelah dibersihkan, barulah kemudian pisau akan diasah dengan alat dapur, yakni gelas mug.

foto: Instagram/@rumah_stia

Lebih jelasnya, kamu cukup menaburkan baking soda dan air jeruk nipis ke permukaan pisau yang terkena noda kunyit. Setelah itu, gosok-gosok menggunakan kulit jeruk nipis yang tadi sudah diperas. Jika sudah, bilas dan cuci seperti biasa menggunakan sabun. Selain bisa menghilangkan noda kunyit, cara ini juga dapat membasmi bau bawang yang menempel di pisau dapur, lho.

Selanjutnya, untuk menghilangkan bercak karat, cukup siapkan bawang merah yang sudah dipotong jadi dua bagian. Setelah itu, gosok-gosok permukaan pisau yang berkarat. Lanjut, gosok dengan spons kasar dan cuci seperti biasa.

foto: Instagram/@rumah_stia

Lantas jika ingin lebih tajam, kamu bisa mengasahnya dengan gelas keramik atau mug. Caranya, cukup balik gelas tersebut. Lalu gosokkan mata pisaunya ke bagian bawah gelas. Posisikan pisau dalam kondisi miring dan asah dengan gerakan satu arah. Lakukan ini secara berulang agar mata pisau kembali tajam seperti baru.

foto: Instagram/@rumah_stia

Jika sudah tajam dan bersih, pastikan pisau dapur disimpan dengan baik, ya. Pasalnya, hal ini juga memengaruhi ketajaman pisau saat hendak digunakan. Sebaiknya jangan simpan pisau di laci atau bersama dengan alat dapur lain karena mata pisaunya bisa tergores dan lebih mudah tumpul. Agar lebih awet, simpan pisau di tempat khusus.

foto: Instagram/@rumah_stia

Unggahan tentang trik mengasah pisau dapur ini telah ditonton lebih dari 28 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku takjub dengan hasil pisau yang tampak kinclong dan tajam.

"Beneran hilang nods kunyitnya mba," sahut Instagram @casseya.home.

"Pernah coba yg asah pisau di mug mba," kata Instagram @lyw174.

"mau nyoba juga ah mba mkasi tips nya ych," tulis akun Instagram @rumahnomnom.

"Makasih bgt tipsnya mba," komentar akun Instagram @house_tsanaz.

"Wajib praktekin nih, makasih Mba tipsnya," papar Instagram @minahouse.id.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gunis & Yogi (@rumah_stia)