Brilio.net - Handuk merupakan salah satu barang yang digunakan hampir setiap hari. Hal ini bukan tanpa alasan, karena handuk berfungsi untuk mengeringkan tubuh setelah mandi atau mencuci tangan. Dengan penggunaan yang rutin, handuk menjadi lembap dan cepat kotor. Jika dibiarkan, handuk bisa menjadi tempat berkembang biaknya berbagai kuman dan bakteri.

Untuk mengurangi risiko kulit terpapar kuman dan bakteri dari handuk, benda ini perlu dibersihkan secara teratur. Namun, mencuci handuk harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika tidak, handuk tidak akan bersih secara maksimal. Selain itu, serat-serat handuk bisa berisiko rusak jika disikat terlalu sering.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mencuci handuk?

Dilansir BrilioFood dari YouTube Irma Ayu pada Rabu (11/9), isi panci dengan air lalu rebus sampai mendidih.

foto: YouTube/Irma Ayu

Di sisi lain, masukkan 2 sdm baking soda dan cairan penghilang noda pakaian ke ember. Jika sudah, tuang air rebusan tadi lalu aduk sampai tercampur sempurna.

"Baking soda ini emang ampuh digunakan untuk mencuci pakaian. Kalau buat handuk, dia bisa bikin handuk lebih lembut, tidak kaku, dan bau apeknya hilang. Serta baking soda bisa membuat handuk bersih dan berwarna lebih cerah," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Irma Ayu

Rendam dan diamkan handuk semalaman agar cairan pembersih yang dipakai bisa bekerja optimal.

foto: YouTube/Irma Ayu

Setelah direndam semalaman, peras handuk satu per satu. Nggak perlu disikat, langsung masukkan handuk ke mesin cuci.

foto: YouTube/Irma Ayu

Tambahkan deterjen lalu cuci handuk seperti biasa. Jika sudah, keringkan handuk sampai kandungan airnya habis tak tersisa.

foto: YouTube/Irma Ayu

Terakhir, jemur atau angin-anginkan handuk. Setelah kering, handuk dapat dipakai seperti biasa.

"Setelah dicuci gini, handuk jadi bersih, wangi, dan tetap lembut saat dipegang," ucapnya.

Coba ingat-ingat kembali kapan terakhir kamu mencuci handuk di rumah? Jangan ragu untuk langsung mempraktikkan cara satu ini di rumah, ya.