Brilio.net - Mencuci baju yang mudah luntur adalah tantangan yang sering dihadapi banyak orang. Bagaimana tidak, warna baju yang mudah pudar ketika dicuci bisa mengotori warna pakaian lain. Jika dibiarkan, motif dan warna pakaian cenderung berubah dan bahkan jadi rusak.

Pada dasarnya, beberapa bahan dan jenis pewarna kain memang lebih rentan luntur, sehingga memerlukan perhatian khusus saat dicuci agar warna pakaian tetap cerah dan tidak merusak pakaian lain di dalam mesin cuci. Selain bahan dan jenis pewarna pada kain, penyebab lain baju luntur adalah penggunaan deterjen yang terlalu kuat atau air dengan suhu yang terlalu tinggi.

Kedua faktor tersebut dapat menyebabkan pewarna pada kain larut lebih cepat, mengakibatkan warna baju memudar. Oleh sebab itu, memisahkan pakaian berdasarkan warna sebelum mencuci dapat menurunkan risiko pelunturan. Hal tersebut akan membuat warna baju lain tidak terkontaminasi. Meskipun tetap saja, baju yang mudah luntur akan tetap kusam dan akhirnya pudar saat dicuci.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu mencuci baju dengan bahan khusus seperti yang dilakukan pengguna Instagram @kee_house. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tetap menggunakan detergen. Namun tak hanya itu, pengguna Instagram ini juga menambahkan satu bahan dapur untuk mencegah warna baju luntur ketika dicuci.

foto: Instagram/@kee_house

Dilansir BrilioFood dari Instagram @kee_house pada Jumat (27/9), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka. Cara pakainya cukup mudah. Masukkan baju ke dalam ember atau wastafel berisi air. Setelah itu, tuang detergen cair piring secukupnya dan tambahkan 1 sdm cuka dapur.

foto: Instagram/@kee_house

Selanjutnya, aduk-aduk dan kucek sebentar baju tersebut. Dibandingkan ketika dicuci tanpa cuka, warna baju yang dicuci jadi nggak luntur dan air cucian juga tidak berubah. Hal ini menandakan bahwa cuka benar-benar ampuh menahan warna baju agar tidak luntur dan memudar.

"Dan ini hasil bilasannya tidak luntur," papar Instagram @kee_house.

foto: Instagram/@kee_house

Jadi, cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu menetralisir sisa-sisa deterjen yang masih menempel pada pakaian setelah dicuci. Detergen yang tidak sepenuhnya terbilas bisa menyebabkan warna pakaian memudar seiring waktu. Dengan menambahkan cuka ke dalam cucian, sisa-sisa detergen dapat dihilangkan lebih efektif, sehingga menjaga warna pakaian tetap cerah.

Selain itu, asam asetat dalam cuka dapat membantu mengunci pewarna pada serat kain. Ini berguna untuk pakaian baru yang masih memiliki pewarna yang belum benar-benar menempel pada serat kain. Cuka membantu menetapkan pewarna tersebut, sehingga mengurangi risiko luntur saat dicuci.

Nah, baju yang sudah dicuci bisa dibilas dan dijemur. Pastikan saat menjemur, kamu membalik baju tersebut, ya. Jika warna baju langsung terpapar sinar matahari, akan sangat mungkin permukaannya jadi terlalu panas dan akhirnya memudar.

Sejak diunggah pada 10 September 2024 lalu, video tentang trik mencuci baju ini telah ditonton lebih dari 70 ribu kali di Instagram. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku baru tahu trik bermanfaat tersebut.

"Aku baru tauuu , perlu dicoba ini," papar Instagram @jennaira_house.

"Waahh makasih sharingnya mba," sahut Instagram @rumahisco.

"Baru tau, makasih tipsnya mba," kata Instagram @lena_marlina.