Brilio.net - Mengonsumsi nasi putih merupakan kebiasaan yang umum di kalangan masyarakat Indonesia. Sumber karbohidrat ini mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Rasanya yang lezat juga membuatnya cocok dipadukan dengan berbagai lauk dan sayuran.

Sebelum menikmati nasi, proses penanakannya dari beras harus dilakukan terlebih dahulu. Banyak orang memilih menggunakan rice cooker untuk menanak nasi, karena alat ini dapat mempercepat proses memasak dan menghasilkan nasi yang matang dengan baik. Namun, ada kalanya penggunaan rice cooker dapat menyebabkan nasi menjadi berkerak, terutama jika nasi dibiarkan dalam keadaan rice cooker menyala. Nasi yang berkerak ini sering kali tidak layak untuk dimakan karena teksturnya yang keras.

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa orang menambahkan bahan lain seperti minyak goreng. Penambahan sedikit minyak goreng pada beras yang dimasak dapat membuat nasi menjadi lebih pulen dan tidak berkerak. Namun, sebenarnya ada alternatif lain yang bisa digunakan tanpa harus menambah minyak goreng saat menanak nasi.

Ada bahan lain yang dapat menggantikan minyak goreng untuk mencegah nasi berkerak. Pengguna Facebook bernama ad3n_cooking membagikan tips ini. Selain membuat nasi tidak berkerak dan pulen, bahan yang digunakan juga memberikan rasa yang lebih enak dan gurih.

Menurut informasi yang dilansir BrilioFood pada Rabu (11/9), ada beberapa bahan tambahan yang digunakan oleh pengguna Facebook tersebut saat menanak nasi. Selain beras, dia menambahkan dua siung bawang putih yang dicincang dan lima lembar daun jeruk yang diiris tipis untuk meningkatkan cita rasa. Bawang putih dan daun jeruk ini ditumis dengan margarin agar semakin sedap, sekaligus membantu nasi menjadi pulen dan tidak berkerak.

Untuk langkah-langkah pembuatannya, siapkan dua cangkir beras. Cuci bersih beras tersebut dan masukkan ke dalam panci rice cooker. Setelah itu, tambahkan tiga cangkir air bersih ke dalam panci.

foto: Facebook/ad3n_cooking

Selanjutnya, masukkan bawang putih dan daun jeruk yang telah ditumis. Aduk semua bahan hingga merata. Agar nasi semakin gurih, tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, tutup rice cooker dan masak beras hingga matang.

foto: Facebook/ad3n_cooking

Setelah nasi matang, buka rice cooker dan aduk nasi agar tidak menempel pada dinding panci. Hasilnya, nasi akan tampak sangat pulen dan lembut. Nasi ini juga tidak akan berkerak meskipun disimpan dalam rice cooker untuk waktu yang lama.

foto: Facebook/ad3n_cooking

"Ini dimakan seperti ini saja sudah enak, apalagi jika dipadukan dengan ayam bakar. Itu akan lebih nikmat lagi," ungkap pengguna Facebook ad3n_cooking.

Bagaimana? Prosesnya cukup mudah, bukan? Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan di dapur, sehingga bisa langsung dipraktikkan di rumah. Karena manfaatnya yang besar, tidak heran jika video ini menarik perhatian banyak orang dan disukai lebih dari 2.500 pengguna Facebook.