Brilio.net - Singkong, juga dikenal sebagai ubi kayu atau ketela pohon, adalah umbi-umbian yang kaya manfaat bagi tubuh. Menurut healthline.com, singkong mengandung pati resisten yang baik untuk kesehatan pencernaan dan pengaturan gula darah. Selain itu, singkong juga mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen dan menjaga sistem imun.

Di Indonesia, singkong dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti lemet, sawut, kue talam, combro, getuk lindri, dan singkong goreng. Singkong goreng menjadi favorit banyak orang karena mudah dibuat dan rasanya enak. Namun, bagi yang belum tahu triknya, sering kali gagal membuat singkong goreng yang empuk dan mekar. Banyak yang beranggapan singkong harus direbus sebelum digoreng, padahal ada cara lain untuk membuatnya empuk dan mekar tanpa direbus.

Trik ini dibagikan oleh Raras, seorang pengguna TikTok, yang sebelumnya sering gagal menggoreng singkong. Setelah menemukan trik ini, singkong gorengnya menjadi sukses, dengan hasil yang mekar, lembut di dalam, dan renyah di luar. "Sekarang aku tahu resepnya dari abang gorengannya langsung," kata Raras, dikutip dari TikTok @raras_krasmala.

Siapkan singkong yang sudah dikupas dan dicuci, kemudian potong-potong sesuai keinginan. Singkong harus digoreng terlebih dahulu, tetapi jangan terlalu lama. Cukup goreng singkong sampai pinggirannya mulai kecokelatan, lalu diangkat. Rendam singkong tersebut di air larutan garam, penyedap, dan bawang putih halus.

foto: TikTok/@raras_krasmala

Singkong pun hanya perlu direndam sampai mekar saja, yaitu sekitar satu sampai dua menit. Setelah itu, singkong bisa ditiriskan terlebih dahulu. Kalau sudah tiris, singkong bisa digoreng kembali di atas minyak panas sampai golden brown dan teksturnya renyah.

foto: TikTok/@raras_krasmala

Gimana, simpel banget, kan? Raras juga menjelaskan, dengan mempraktikkan trik membuat singkong goreng seperti ini, bisa membantu menghemat penggunaan gas kompor juga, lho. Penggemar singkong goreng pasti penasaran ingin mencoba trik ini di rumah, kan?

foto: TikTok/@raras_krasmala