Brilio.net - Bakwan jagung adalah camilan yang sempurna untuk dinikmati saat bersantai di rumah. Selain itu, bakwan jagung juga lezat sebagai pendamping lauk makan. Kombinasi tekstur renyah dan rasa manis alami dari jagung membuat bakwan ini selalu menggugah selera.

Bakwan jagung dibuat dari jagung pipil yang dicampur dengan adonan tepung. Beberapa orang menambahkan bahan lain seperti sayur atau ebi untuk memperkaya tekstur dan rasa. Adonan bakwan kemudian digoreng dalam minyak banyak agar lebih garing.

Meskipun bakwan jagung bisa dikreasikan dengan berbagai bahan, bahan utamanya tetap jagung pipil dan tepung terigu. Tepung terigu berfungsi mengikat bahan-bahan lain agar bakwan tidak mudah ambyar saat digoreng.

Namun, penggunaan tepung terigu terkadang membuat bakwan menjadi lembek. Adonan bakwan yang lembek dapat menyerap banyak minyak saat digoreng, menghasilkan tekstur yang lembek dan berminyak, yang tentu kurang lezat saat disantap.

Untuk menghasilkan bakwan jagung yang renyah dan garing, kamu bisa meniru trik dari pengguna YouTube Mbok Midut. Dalam salah satu videonya, dia mengungkapkan bahwa tidak menggunakan tepung terigu.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Mbok Midut pada Kamis (26/9), dia menggunakan dua jenis tepung, yakni tepung beras dan tepung sagu tapioka.

Sebelum diberi tepung, siapkan dulu bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Dalam video tersebut, Mbok Midut menggunakan 2 buah jagung yang sudah dipipil, 3 buah wortel iris, dan 3 batang daun bawang yang sudah diiris. Masukkan semua bahan ke wadah, lalu tambahkan 3 siung bawang putih iris dan 250 gram tepung beras.

foto: YouTube/Mbok Midut

Sebagai penyedapnya, tambahkan 1 sdt kaldu bubuk, 1 sdt lada bubuk, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt MSG, dan 1/4 sdt kunyit bubuk. Aduk-aduk dulu sampai tercampur rata. Setelah itu, baru tambahkan 300 ml air yang dituang secara bertahap sambil diaduk.

"Kalau ada air dingin, boleh dipakai, nanti lebih kriuk hasilnya," terang YouTube Mbok Midut.

foto: YouTube/Mbok Midut

Selanjutnya, tambahkan 3 sdm tepung sagu tapioka. Menurut Mbok Midut, jenis tepung inilah yang akan membuat tekstur bakwan jadi lebih renyah. Selain itu, tepung sagu tapioka juga berfungsi sebagai pengikat adonan supaya tak mudah ambyar saat digoreng.

foto: YouTube/Mbok Midut

Setelah diberi tepung sagu tapioka, aduk-aduk lagi sampai merata. Lalu tes rasanya. Jika sudah, cetak dan goreng adonan di minyak panas. Pastikan bentuk cetakannya pipih dan tipis supaya hasilnya lebih krispi. Minyak yang digunakan juga harus benar-benar panas agar bakwan tidak menyerap banyak minyak.

Saat menggoreng, jangan bolak-balik bakwan. Tunggu sampai teksturnya benar-benar padat dan mulai mengering. Jika satu sisinya sudah padat, baru balik dan goreng sisi lainnya. Dengan begitu, bakwan tidak akan mudah ambyar.

foto: YouTube/Mbok Midut

Goreng bakwan sampai benar-benar matang dan renyah. Jika sudah matang, langsung angkat dan tiriskan. Bakwan jagung ini benar-benar garing dan kriuk saat digigit.

foto: YouTube/Mbok Midut