Brilio.net - Setrika listrik memiliki plat panas yang terbuat dari besi. Setrika jenis ini biasanya memungkinkan pengaturan suhu panas sesuai kebutuhan. Namun, jika setrika telah digunakan dalam waktu yang lama dan sering pada suhu tinggi, plat besi setrika bisa mudah berkerak gosong. Hal ini tidak hanya mengganggu penampilan setrika, tetapi juga membuat setrika tidak licin saat digunakan. Alih-alih membuat pakaian cepat rapi, pakaian yang sedang disetrika justru mudah lengket pada setrika dan memerlukan waktu lebih lama untuk menjadi rapi.

Untuk membersihkan kerak gosong pada plat besi setrika, banyak orang memilih untuk menyekanya dengan kain atau tisu yang telah dibasahi air. Ternyata, ada trik lain yang jauh lebih sederhana menggunakan satu bahan dapur. Trik ini sempat dibagikan oleh seorang warganet di akun TikTok @teh4neu86. Yuk, simak bagaimana caranya.

Pertama-tama, nyalakan dulu setrika dan atur suhu yang paling tinggi. Kemudian, siapkan lapak setrika yang sudah dilapisi kain. Taruh juga satu atau dua lembar kertas di atasnya untuk menampung garam. Nah, garam inilah yang dipercaya bisa bantu bersihkan kerak gosong di setrika, lho.

"Ambil garam dapur 2 sendok atau lebih, tergantung kotoran yang menempel," jelas pemilik akun TikTok @teh4neu86, dikutip BrilioFood pada Sabtu (14/9).

foto: TikTok/@teh4neu86

Usai setrika cukup panas, baru gosokkan setrika tersebut di atas garam. Jangan lupa untuk mengecek sesekali apakah kerak gosongnya sudah hilang. Kalau belum, kamu bisa terus lanjutkan proses menggosok setrika ke garam hingga keraknya benar-benar hilang.

Setelah itu, tinggal usapkan setrika ke kain hingga tak ada lagi sisa garam. Setrika pun sudah bersih dari kerak gosong dan siap dipakai kembali.

foto: TikTok/@teh4neu86

Gimana, praktis banget ya trik membersihkan kerak gosong di setrika ini?