Brilio.net - Telur merupakan salah satu pilihan lauk yang praktis dan bisa dijadikan ide masakan mingguan. Meskipun sering dianggap sebagai hidangan yang sederhana, telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut informasi dari webmd.com, telur dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh, meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga berat badan yang ideal, serta mendukung kesehatan jantung.

Ada berbagai olahan lauk yang bisa dibuat dari telur, seperti telur balado, telur kecap, telur ceplok, tumis telur, hingga telur dadar. Telur dadar tampaknya menjadi favorit banyak orang. Hal ini dikarenakan hidangan ini sangat mudah untuk dibuat dan rasanya yang lezat. Disajikan dengan nasi hangat, telur dadar dapat meningkatkan selera makan.

Namun, banyak orang merasa bahwa telur dadar kurang menarik karena tampilannya yang kempis, sehingga terasa cepat habis saat disantap. Oleh karena itu, sering kali orang menambahkan bahan isian seperti sayur kol, tahu, tempe, wortel, dan lainnya agar telur dadar terlihat lebih tebal. Salah satu pengguna di YouTube, tri pujis, juga memiliki trik jitu untuk membuat telur dadar lebih tebal.

"Saya baru tahu cara membuat telur seperti ini seumur hidup, rasanya enak dan bikin ketagihan," ungkapnya, seperti yang dikutip BrilioFood dari YouTube tri pujis pada Rabu (11/9).

Langkah pertama adalah memecahkan telur ke dalam mangkuk, lalu mencampurkannya dengan bumbu seperti garam, lada, gula, irisan daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Setelah itu, aduk semua bahan hingga tercampur rata.

foto: YouTube/tri pujis

Selanjutnya, tambahkan 1 sendok makan tepung maizena. Tepung maizena ini berfungsi sebagai bahan utama untuk membuat telur dadar lebih padat dan tidak mudah kempis setelah dimasak. Alih-alih langsung menggorengnya, Tri memilih untuk mengukus telur terlebih dahulu dengan menggunakan loyang.

Mengukus telur dadar ini dapat menghasilkan tekstur yang lebih tebal dan rapi. Waktu yang diperlukan untuk mengukus dapat disesuaikan dengan jumlah telur yang digunakan. Dalam percobaan kali ini, Tri menggunakan 6 butir telur dan mengukusnya selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya, telur dadar menjadi jauh lebih tebal.

foto: YouTube/tri pujis

Setelah proses pengukusan selesai, telur dapat dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong sesuai selera. Telur dadar ini bisa langsung disajikan atau digoreng sebentar hingga warnanya kecokelatan. Setelah itu, tiriskan dan sajikan dengan nasi hangat.

foto: YouTube/tri pujis