Memasak termasuk kegiatan yang butuh keahlian khusus. Untuk bisa menghasilkan rasa yang enak dan sempurna pada masakan, ada sejumlah teknik yang perlu dilakukan. Terlebih jika masakan tersebut akan dijual atau disajikan untuk banyak orang.

Hingga kini, banyak orang masih memasak mengandalkan resep. Namun tidak sedikit juga justru menggunakan bumbu sesuai selera saat memasak. Meski bisa menghasilkan rasa yang enak, namun menambahkan bumbu atau bahan tanpa takaran jelas bisa mengubah rasa. Apalagi jika kamu berniat memasak ulang makanan tersebut.

Nah, sejumlah orang biasanya akan menimbang setiap bumbu dan bahan makanan yang hendak dimasak. Proses ini sering dilakukan oleh para chef atau juru masak yang hendak menyajikan makanan untuk banyak orang. Demi menjaga konsistensi rasa, dengan cara menimbang setiap bumbu dan bahan ini bisa jadi kunci penting agar rumah makan, restoran, atau usaha katering kamu tetap konsisten enaknya.

Sayangnya tidak dapat dipungkiri bahwa menimbang bumbu dan bahan satu per satu cukup merepotkan. Apalagi jika kamu hendak memasak jumlah banyak. Selain bikin ribet, menimbang bahan dan bumbu satu per satu-satu, akan memakan waktu lebih.

 

TikTok/@elinsulivan

Beruntungnya, Chef Elin pernah membagikan trik untuk mempermudah hal tersebut. Melalui unggahannya di TikTok, jebolan MasterChef Indonesia musim ke-5 ini mengaku ada trik sederhana agar rasa masakan tetap konsisten tanpa harus ditimbang satu-satu.

"Salah satu elemen penting agar masakan selalu enak itu konsisten. Nah, gimana nih caranya bisa selalu konsisten. Investlah di alat ini, timbangan. Nah, ini aku mau bikin nasi goreng, aku gramasi (timbang). Antara nasi dan bumbu dua-duanya pasti aku gramasi. Kalau misalnya kalian lagi banyak orderan, gimana dong? Lama kan gramasi satu satu," ujar Chef Elin melalui akun dikutip BrilioFood TikTok @elinsulivan pada Rabu (31/7).

TikTok/@elinsulivan

Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bumbu. Dalam video tersebut, Chef Elin memberikan contoh saat hendak memasak nasi goreng. Dia mengaku sudah menyiapkan bumbu halus yang dikemas dalam plastik.

Nah, bumbu yang dikemas ini sudah ditimbang sebelumnya. Oleh sebab itu, bumbunya bisa langsung digunakan saat hendak digunakan. Hal tersebut akan membuat takaran bumbu tetap pas dan rasanya pun enak.

TikTok/@elinsulivan

Selain bumbu, Chef Elin juga menyiapkan nasi yang hendak digunakan. Jika tak sempat menimbang nasi, dia cukup menyiapkan mangkuk dengan ukuran yang pas dengan wadah yang dipakai menimbang nasi sebelumnya. Jadi misalnya dalam satu porsi, nasi yang dipakai semangkuk penuh. Maka saat hendak memasak lagi, dia akan menggunakan mangkuk tersebut atau mangkuk lain yang memiliki ukuran sama. Lalu takaran nasinya tinggal disamakan dengan sebelumnya.

"Atau kalian bisa cara mangkuk yang ukurannya sudah pasti pas sama. Oke semangkuk itu full, tinggal tuangin, aduk-aduk, oseng," terangnya lebih lanjut.

TikTok/@elinsulivan

Nah, dengan takaran yang pas dan sama, rasa pada nasi goreng tetap konsisten enaknya. Selain nasi goreng, trik ini juga bisa diterapkan pada jenis masakan lainnya, lho. Dengan begitu, masakanmu akan lebih enak dan nggak berubah rasa.