Dilansir BrilioFood dari YouTube Dapur Moms Muda pada Sabtu (15/4), triknya sebenarnya sangat sederhana. Jadi, kamu cukup menyiapkan daging ayam yang sudah dicuci bersih dengan taburan jeruk nipis atau cuka. Kedua bahan ini bisa ampuh menghilangkan bau amis pada ayam.

Setelah dicuci, siapkan bumbu halus berupa 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 2 ruas jahe, dan 2 ruas lengkuas. Tumis bumbu di minyak panas bersama dengan 1 batang serai yang sudah digeprek dan dua lembar daun salam.

foto: YouTube/Dapur Moms Muda

Jika bumbu sudah matang dan mengeluarkan aroma wangi, masukkan 500 gram ayam potong yang sudah dicuci bersih tadi. Aduk-aduk sampai bumbunya menyatu dengan ayam. Di tahap ini, sebaiknya masak ayam agak lama supaya bau amisnya juga memudar.

foto: YouTube/Dapur Moms Muda

Dalam video tersebut, pengguna YouTube Dapur Moms Muda tidak menggunakan santan untuk memasak opor, melainkan susu. Jadi setelah daging ayamnya setengah matang, masukkan 500 ml susu. Masak sampai mendidih sambil diaduk.

foto: YouTube/Dapur Moms Muda

Terakhir, bumbui dengan 1 sachet merica bubuk, 1/2 sdt ketumbar bubuk, dan 1/2 sdt garam. Aduk rata. Biar makin komplet, tambahkan juga dua buah kentang yang sudah dipotong-potong. Masak sampai ayamnya matang dan airnya mulai menyusut.

Nah, opor ayam putih yang sudah matang ini pun siap diangkat dan disajikan. Dijamin enak dan nggak amis. Cocok disantap dengan nasi putih atau ketupat.