Brilio.net - Setrika merupakan alat rumah tangga yang sering digunakan untuk menjaga pakaian tetap rapi dan bebas kusut. Namun, penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan setrika menjadi gosong, terutama jika tidak dirawat dengan baik. Ironisnya, banyak orang yang justru mencoba menghilangkan noda gosong ini dengan cara menggosoknya, berharap noda akan hilang dan setrika kembali bersih.

Sayangnya, tindakan menggosok setrika yang gosong sering kali malah memperburuk keadaan. Bahan-bahan abrasif atau alat pembersih yang keras dapat merusak lapisan antilengket pada setrika. Akibatnya, setrika tidak hanya kehilangan kemampuannya untuk meluncur mulus di atas kain, tetapi juga berpotensi menyebabkan lebih banyak noda dan kerusakan pada pakaian yang disetrika.

Untuk menghindari masalah ini, sangat penting bagi pengguna setrika untuk mengetahui cara yang tepat dalam merawat dan membersihkan alat tersebut. Jika sudah telanjur gosong, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @dian_suprayogi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua bahan sederhana, yang salah satunya berasal dari dapur.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @dian_suprayogi pada Rabu (2/10), bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Lebih jelasnya, dia menggunakan garam dapur yang halus. Hindari menggunakan garam kasar karena bisa merusak permukaan setrika.

foto: Instagram/@dian_suprayogi

Sebelum diberi garam, plat atau bagian yang gosong harus diolesi dengan pasta gigi terlebih dahulu. Jika sudah rata, nyalakan setrika dan panaskan dengan suhu paling tinggi. Panaskan sampai lampu indikatornya padam. Hal tersebut menandakan bahwa setrika sudah panas maksimal.

foto: Instagram/@dian_suprayogi

Jika sudah seperti itu, matikan setrika. Lalu ambil selembar kertas dan taburi dengan garam cukup banyak secara merata. Setelah itu, ambil setrika dan gosokkan ke permukaan kertas yang sudah diberi garam. Gosok secara perlahan, maka lapisan gosong di setrika akan langsung rontok.

"Kalau masih kurang (bersih), ulangi lagi prosesnya," kata Instagram @dian_suprayogi.

foto: Instagram/@dian_suprayogi

Nah, setelah dibersihkan, setrika jadi tampak lebih kinclong. Selain itu, lapisan antilengketnya juga benar-benar masih utuh atau tidak tergores sedikitpun. Hal ini akan membuat setrika jadi lebih mudah digunakan kembali dan tentunya nggak bikin pakaian jadi rusak.

Sejak diunggah pada Senin (30/9) lalu, video tentang trik hilangkan noda gosong di setrika ini telah ditonton lebih dari 289 ribu kali. Nggak heran jika kamudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku tertarik mencobanya secara langsung.

"Okee siapp terima kasih tipsnya pak, otw coba n kebetulan setrikaannya sama pula," papar Instagram @althaf_bunda.

"Sy tanpa pasta gigi, lgsung aja ke garam.. Bersih kok, agak di tekan ke garamnya," kata Instagram @aweklanoen.

"Wuih mantapp," sahut Instagram @ladyrose.shinta.

"Wah kebetulan banget lewat, makasih infonya soalnya sama aq pake philips classic jg," tulis akun Instagram @alma_nagustin.

"Aku pernah cuma pake garam, ditutup kertas, terus setrikanya digosok di atas kertas yg ada garam di bawahnya udah langsung ilang," komentar akun Instagram @aurorie_wings.