Dilansir BrilioFood dari YouTube Nurussiyamah pada Jumat (29/12), pengguna YouTube satu ini memakai cuka untuk menghilangkan noda.

foto: YouTube/Nurussiyamah

Selain cuka, ia juga mencuci mukena putihnya dengan cairan pemutih dan detergen. Pertama-tama, sikat bagian mukena yang terdapat noda bintik hitam menggunakan cairan pemutih tanpa dicampur air. Gosok bagian yang bernoda pakai sikat gigi yang sudah tak terpakai.

foto: YouTube/Nurussiyamah

Selanjutnya, mukena direndam dengan air hangat yang dicampur detergen selama 10-15 menit. Air rendaman tersebut terlihat berubah menjadi keruh dan berwarna kecokelatan. Setelah direndam, kucek mukena dan bilas dengan air mengalir hingga bersih. Air rendaman yang sebelumnya terlihat keruh mulai terlihat bening dan bersih.

"Tak perlu direndam lagi. Ini sudah lumayan tidak kelihatan keruh air rendamannya. Jadi ini menandakan sudah tidak ada lagi kotoran yang menempel di mukena," ungkap pengguna YouTube tersebut.

foto: YouTube/Nurussiyamah

Proses terakhir pencucian, pengguna YouTube tersebut kembali membilas mukena dengan cairan pewangi dan cuka. Mukena direndam beberapa saat sebelum dibilas dan dikeringkan untuk dijemur. Mukena yang sudah dibilas dan dikeringkan kembali terlihat putih bersih seperti baru lagi.

"Terakhir supaya mukena wangi seperti habis dilaundry, saya kasih pewangi dan cuka makanan. Jadi nanti aromanya bisa awet dan lebih harum," pungkasnya.